Welcome! Log In Create A New Profile

Advanced

belajar membangun reprap

Posted by krupukbwg 
Re: belajar membangun reprap
February 27, 2013 07:54AM
@awasmaji

untuk Mendel yang saya punya menggunakan controller boardnya yang Melzi mas..

oo gtu mas..kira2 yang dibandung itu udh pasti menjual part-part reprapro Mendel g y mas?? saya posisi di jakarta soalnya mas

untuk yang thermistor artinya tidak masalah y mas tidak menggunakan part bawaan dari reprapro nya?

sebelumnya terimakasih banyak mas awasmaji atas info dan balasannya
Re: belajar membangun reprap
February 28, 2013 05:47AM
Halo... Salam Kenal...

Saya baru saja selesai build mendelmax 1.5 and already running....

Rencananya 3D printer ini untuk buat komponen hobby saya lainnya (aeromodelling - quadcopter)

Salam...
Re: belajar membangun reprap
February 28, 2013 08:17AM
Sip, makin banyak yang bikin printernya.

RepRapPro itu brandnya Suhu RepRap Dr Adrian Bowyer.
Untuk controller saya rasa banyak pilihan:
- RAMPS, pada dasarnya ini shield untuk Arduino Mega. RAMPS support dual extruder yg saya rasa cocok untuk RepRapPro.
- Gen7, ini DIY, bisa kita solder sendiri karena komponennya thru hole, bukan SMD seperti industry-based
- Melzi
- Sanguino

Saya sendiri menggunakan RAMPS dan Marlin untuk softwarenya. Satu lagi untuk Prusa Mendel yg sy buat akan pake Gen7 (yg solder sendiri) dan Teacup firmware.
Thermistor saya beli di toko komponen (Glodok) dan ga masalah. Yg belum nemu adalah heater resistor. Mas Taufiq, apa di JP atau Cikapundung ada yg pernah nyari?
Re: belajar membangun reprap
March 19, 2013 07:47AM
selamat malam kawan2

ane telah berhasil assembly reprapro mendel dengan melzi controller board dan software pronterface, namun ada beberapa kendala dalam proses slicer dan lain2, alias proses printing tidak berjalan, yang ingin ane tanyakan :

1. bagi teman2 yg menggunakan pronterface, yang ane tanyakan apakah semua pronterface memiliki cara pengoperasian yg sama? ane telah load file .stl, namun proses printing tidak berjalan dengan semestinya, kira-kira adakah konfigurasi tambahan yg harus dilakuin sebelum proses print?

2. untuk software slicer, ane menggunakan slic3r, apakah seluruh program slic3r kompatibel dengan pronterface? karena ane mengalami kendala dalam slicing part yang akan di print

3 "T:179.8 E:0 Wmoody smiley" untuk sintaks disamping, huruf "E" dan huruf "W" menandakan tanda tanya "?", kira2 itu maksudnya apa ya gan? mohon pencerahannya gan,

4. oya software pronterface yang ane ambil itu dari link "https://github.com/reprappro/Software/blob/master/README.md" kira2 pronterface yg itu sesuai g gan?

mohon bantuannya gan, maaf bgt klo banyak nanya..hehe..ane pemula soalnya

terimakasih

Salam
Re: belajar membangun reprap
March 19, 2013 10:24AM
Halo mas Taufiq,

Saya menggunakan Huxley juga pronterface, tanpa Sli3r. Saya juga pernah mengalami yang no. 3, w? terus-menerus, saya biasa disconnect lalu saya connect lagi lalu print. Sekarang saat pakai kipas tambahan, w? muncul saat tombol print kipas masih menyala jadi kipas harus mati sebelum proses print dilakukan. Tapi kadang juga w? bisa berubah w4 atau w3 menghitung mundur sampai w0 lalu proses print se[erti biasa.

Untuk yang no.4, mas Taufiq sudah benar alamat untuk softwarenya.

Itu pengalaman saya, semoga bisa bantu mas Taufiq, terima kasih.

Salam,
Heri
Re: belajar membangun reprap
March 19, 2013 11:36PM
Selamat pagi

@mas heri : untuk kipas mas, di petunjuk perakitan mendel yang ane buat dy bilang harus nyala terus mas, jadi kabel power untuk kipas ane satuin sama power pusat mas yg 12 volt. oya mas, saya masih ada kendala, yaitu ketika nge print, hanya ada gerakan saja mas, nosel tidak mengeluarkan filament. kira2 itu kenapa y mas? ada g yg harus ane lakuin biar pas ngeprint, cara agar nosel jg mengeluarkan filament PLA?

Terima kasih
Salam,
Re: belajar membangun reprap
March 20, 2013 12:30AM
Pagi,

Kipas, di printer saya ada dua, satu bersebelahan dengan hotend dan satu lagi untuk PLA filamen saat mencetak. Betul mas Taufiq, power dan kipas bawaan dari RepRap Pro memang selalu menyala saat mencetak dan kabelnya jadi satu slot.

Belum pernah yang seperti itu mas sad smiley, saat ng-print apa extruder-nya juga menyala? Mungkin periksa lagi kabel-kabel yang ada hubungannya dengan extruder dan hotend-nya. Kalau masih belum bisa tanya ke RepRapPro saja mas atau ke forum ini yang Printing dan Mendel and Prusa Mendel.
Re: belajar membangun reprap
March 20, 2013 07:08AM
selamat malam

@mas heri, untuk kabel2 udah oke kok mas, trus kalau running secara manual sudah nyala kok mas motor extrudernya disertai dengan keluarnya filamen di nosel, tp jujur ane g ngerti cara konfigurasi ngeprint otomatis disertai extrusion filamen nya mas...kira2 itu di setting dimana y mas kalau di pronterfacenya?

untuk teman2 semua, ane mohon bantuan jg gan untuk ngarahin gmn caranya biar bisa ngeprint otomatis dengan filament gan.

terimakasih semuanya, maaf merepotkan

Salam semangat
Re: belajar membangun reprap
March 20, 2013 09:47AM
Malam,

Saya nda rubah banyak, cuma Cool-nya untuk nge-set nyala kipas, maaf saya kurang ngerti pertanyaannya mas Taufiq yang ngeprint otomatis, tapi yang saya lakukan, Connect, set temperaturnya, Load File, Print.
Re: belajar membangun reprap
March 22, 2013 06:53AM
Mas Taufiq,

Apakah yg di-load di pronterface file stl atau file gcode?
Jika stl maka promterface akan melakukan slicing dulu dengan memanggil program slicer. Saya ga pernah pake cara seperti itu tapi stl saya slice terpisah di slic3r dan kemudian sy load di pronterface. Kadang sy perlu menambahkan atau edit command gcodenya.
Re: belajar membangun reprap
April 01, 2013 09:05AM
cooling kipas di set dari slic3rnya default nyala pada 0.98

Nosel nggak ngeluarin filamen biasanya kurang kenceng baut penekan pada ekstruder, shg si filamen nggak kegrip sama hobbing boltnya

lebih baik jangan pake slic3r pronterface karena udah jadul versi bawaan pronterface, mendingan pake slic3r bikin gcode terus load pake pronterface

atau
pake repetier host, bisa pilih pake skeinforge atau slic3r, dan slic3rnya update terus


diditdr
Re: belajar membangun reprap
April 01, 2013 09:15AM
awasmaji Wrote:
-------------------------------------------------------
> @diditdr
> Wah, ayo ngumpul yang di Bandung! Haha.. Saya baru
> berhasil nyala kemaren, hari ini masih belajar
> kalibrasi. Butuh tanya-tanya sekalian.

hayu atuh, punten baru jawab saya nggak perhatian di forum ini, lagi banyak tugas kuliah hhhh

japri sahaja ke diditdr pada outlook titik kom


nuhun

diditdr
Re: belajar membangun reprap
April 08, 2013 03:52AM
Halo semua,

Saya mau nanya nih. Saya bru memakai reprap nih. Terus pengen tau cara mengubah speed extrudernya ketika lg ngeprint. Saya sudah coba pke yg feed rate yg tulisannya di sebelah tulisan "reverse".tapi kok rasanya tidak berpengaruh apapun ya?
Apa benar utk mengatur motor extruder menggunakan feed rate yang itu?
Kalau tidak, dimana saya bs mengubahnya?

Terima kasih
Regards,
Arsyan
Re: belajar membangun reprap
April 08, 2013 05:08AM
@arsyan8 AFAIK setelan feedrate buat extruder untuk kalibrasi extruder. Kalau dirubah on the fly pake perintah M, bisa saja namun perhitungan volumetriknya jadi rubah nantinya bisa jadi tekor filament atau kelebihan.

Kalau yang ada di pronterface itu mah buat test extrude, misalkan extrude 5 mm dengan kecepatan di kotak reverse 60, atau kalau diklik reverse maka reverse filament 5mm dengan kecepatan 60

itu mah nggak akan pengaruh ke kecepatan extruder, karena si kecepatan ekstruder sudah di set saat anda membangkitkan gcode.
Re: belajar membangun reprap
April 16, 2013 01:16AM
ada yang tau alternatif makerslide? atau ada yg perna beli?
Re: belajar membangun reprap
April 17, 2013 07:12AM
Dear all,

Ada yang tau tidak beli Melzi controller dan komponen-komponennya atau apapun yang berhubungan dengan Reprap Mendel dimana? Saya mencari supplier yang bertempat di Indonesia. Ada tidak ya? Saya membutuhkan komponen-komponen untuk dibeli secara terpisah nih. Soalnya kalau beli resmi dari website reprap, deliverynya lama dan mahal.

Terima kasih atas perhatiannya
Regards,
Taufiq
Re: belajar membangun reprap
April 17, 2013 07:14AM
Maaf untuk lebih jelasnya, ini gambar Melzi controller.

[reprap.org]

Thank you
Re: belajar membangun reprap
April 20, 2013 07:20PM
Wah seneng, ternyata ada juga dari Indonesia. Met kenal yah. Lokasi saya di Bandung dan Jakarta. Bolak balik gitu.
Reno
Re: belajar membangun reprap
April 30, 2013 03:06AM
@zungmann: mau jual prusa mendelnya? saya tertarik ni. baru mau mulai, takut terhambat di parts sourcingnya, mungkin lebih mudah kalau udah ada kit-nya lengkap
Re: belajar membangun reprap
May 04, 2013 02:48AM
@Taufiq: untuk Melzi mau solder sendiri? Buat saya lebih mudah DIY Gen7.

@Reno: Prusa Mendelnya belum jadi 100%, masih asembly hardwarenya karena saya rakit sambil jalan print partnya dan beberap part standard saya ganti seperti:
- Bar Clamp, yg standard mudah sekali patah,
- Z Motor Mount, saya ganti dgn yg Integrared, tanpa pake Rod Clamp yg dibaut
- X End Motor & Idlernya saya ganti dengan disain dr Jonas Kuehling karena yg standard ga terlalu megang dgn bearingnya dan bentuknya sy kurang suka

Saya sedang nentuin Extruder dan X Carriagenya yg bagus, kemungkinan pake Gregs extruder.

Kalo berminat boleh saja, mungkin baiknya nunggu fix dgn extruder dan xcarriage. Yg saya belum punya motor, motor driver dan hotendBelt, Pulley dan Elektronik Gen7.
Re: belajar membangun reprap
May 05, 2013 11:07AM
Oh ya saya attach gambar Prusa Mendel yang sedang dirakit. Perakitan ini lebih lama dari yang direncanakan karena bar-clamp yang sudah terpasang pecah pas saya kencengin baut2nya dan akhirnya diganti dengan bar-clamp model lain yang lebih kuat. Begitu juga z-motor-mount standard yang aga melengkung jika dikencangkan bautnya.
Selain itu model bushing / bearing-holder juga saya modifikasi karena lebih panjang 1mm dari bearing yang saya beli (24mm).

Hambatan lain adalah saya juga harus tuning dulu printer yang saya pake (Portabee) supaya bisa print 'bridge' saat print x-end-motor/idler, bridge-nya lumayan panjang, 3 cm.
Yang paling membantu print bridge adalah menambah kipas untuk mendingankan segera hasil print terutama bridge. Bicara soal kipas, di printer saya sekarang ada 2 kipas:
Kipas pertama adalah kipas pendingin extruder, 5V, ini tidak perlu dikontrol kecepatannya, langsung nyala atau mati saat controller dihidup/matikan.
Kipas kedua adalah kipas pendingan hasil print, biasanya untuk PLA. Kipas ini dikontrol kecepatannya oleh controller. Perintah gcode biasanya M106 Sn (n=speed: 0-255) untuk set kecepatan (S0 = mati), dan M107 untuk mematikan kipas. Di Slic3r ada menu untuk bisa mengontrol kipas kedua ini: Enable Cooling. Di slicer lain juga biasanya ada.

Sekarang tinggal print extrudernya. Saya akan pake Greg's Hinge Accessible extruder. Motor sedang pesan. Hot-End masih pilih2. Bagian kecil yang penting juga nanti adalah endstop, kemungkinan akan saya modifikasi dengan menggunakan optical endstop drpd mechanical endstop.
Attachments:
open | download - PrusaMendle-assy.jpg (143.9 KB)
open | download - z_motor_mount.jpg (141.9 KB)
Re: belajar membangun reprap
May 27, 2013 03:49AM
Update:
Saya akhirnya print Greg's Accessible Hinge Extruder. Hasilnya seperti terlihat di attachment. Motornya masih belum nyampe juga. Untuk Hotend, saya pesan J-Head MK VB dari hotends.com, masih menunggu paketnya datang...
Attachments:
open | download - extruder-1.jpg (550.7 KB)
open | download - extruder-3.jpg (376.7 KB)
Re: belajar membangun reprap
June 12, 2013 09:54PM
Salam kenal semuanya. Kami adalah penyelia (suplier) komponen-komponen reprap di Indonesia. Bagi anda yang membutuhkan komponen yang sulit dicari dapat langsung ke website kami www.robori.com atau jika ada pertanyaan dapat melayangkan pertanyaan ke cs@robori.com. Saat ini kami sedang menyiapkan cara merakit RepRapPro Mendel. Semoga hari anda semua menyenangkan.
Re: belajar membangun reprap
July 10, 2013 04:19AM
Update:
Pembuatan Prusa Mendel i2 akhirnya selesai juga. Print pertama adalah vas bunya dengan PLA putih seperti diattach. Masih ada miss-alignment di sumbu X dan Y. Setelah melakukan beberapa perubahan dan tuning, termasuk mengganti X-Carriage dan tambah frame-stabilizer yg dicetak sendiri akhirnya hari ini saya puas dengan hasil printnya: berhasil print frame-vertex Prusa dengan sangat mulus: 0.25 mm layer, speed: 40mm/s print, 80mm/s travel.

Spek printer Prusa i2:
- Extruder: Greg's Accessible Extruder
- Hotend: Original J-Head MK VB 0.35mm dari hotends.com
- Electronic: Gen7 + Marlin firmware
- Heatbed: Custom MK 2a + Glass 3mm
- Power: ATX24 450 W

Oh ya, saya sekarang sedang cetak platik part Prusa dengan PLA warna putih, jika ada yang minat bisa contact.

Salam.
Attachments:
open | download - Prusa.jpg (52.3 KB)
open | download - Prusa_with_Gen7.jpg (67.1 KB)
open | download - printing_a_vase.jpg (47.7 KB)
open | download - 3d_printed_vase.jpg (37.6 KB)
Re: belajar membangun reprap
July 17, 2013 01:43PM
Kalo saya bangun mendel dengan arduino mega 2560 Rev 3 kecuali arduinonya, semua nyolder sendiri. Karena pake Atmega 644 adanya yang model "laba-laba" Kaki-kakinya. Nyari yang model"kelabang" (Atmega 644P) kagak ketemu di Bandung mau pun Jakarta.

Saya tinggal di Bandung, seputaran Ujung Berung. Buat yang di Bandung, kumpul yuk. Biar bisa bahas persoalan bersama. Yang udah berhasil bikin 3D Printer bisa jadi pembimbing.

Mau nggak?.
Re: belajar membangun reprap
August 12, 2013 12:17AM
salam kenal semuanya grinning smiley
wahh.. bandung bakal ada gathering nih? boleh saya ikut?
saya masih awam nih grinning smiley

saya ada rencana bikin reprap (mungkin prusa mendel) grinning smiley
Re: belajar membangun reprap
August 12, 2013 04:59AM
Salam dan met lebaran buat yang berlebaran smiling smiley

Ayo yang Bandung ketemuuuuu! Hahahha.. Kopdar. Gimana kalau sekitar tanggal 20an ini di seputaran Dago? Saya butuh bantuan suhu-suhu nih karena setelah berkutat berbulan2 sampai sekarang kalibrasi axis Z masih berantakan. Hahaha.

Mungkin untuk memudahkan komunikasi grup, bisa tukaran nomor HP atau bikin grup Line/Whatsapp?

Salam,
Maji

E-mail: awasmaji@gmail.con
Line: awasmaji
Re: belajar membangun reprap
August 12, 2013 06:08AM
Saya mendukung saja dari Bogor smiling smiley. Atau ada yg domisili di Jabodetabek?

@awasmaji, kenapa dengan calibrasi axis Z-nya? Sudah coba ini: [calculator.josefprusa.cz] ?
Setelah itu tentu saja yang terbaik adalah diukur dengan digital caliper supaya lebih presisi.
Re: belajar membangun reprap
August 14, 2013 01:58AM
@zungmann
Kendala utamanya, sih, tidak ada waterpas digital. Haha.
Wah, resep kalkulatornya langsung saya coba. Trims, bung. Semoga lancar.

Selamat Hari Kemerdekaan!
Re: belajar membangun reprap
August 28, 2013 03:39PM
Bung-bung semua. Ada tawaran untuk masuk ke acara kumpul Maxima (afiliasi rajamice.com--semacam event organizer). Saya dikirim email oleh mereka menawarkan kerjasama, karena mereka lihat kita mau kumpul. Apa ada yang dihubungin juga?

Saya masih belum jelas detail kegiatan atau kerjasama atau apapunnya, kalau ada yang bisa nge-follow-up mungkin bisa kontak-kontak ke mereka. Saya kurang kompeten kalau harus jadi perwakilan karena jadwal masih berantakan menjelang tesis. Haha..

Misalnya ada yang bersedia untuk jadi representatif dari forum reprap indonesia ini (ini forum nggak resmi padahal ya.. haha), tolong email saya, nanti saya kasih kontaknya. Maaf sebelumnya lho. Saya tertarik sih untuk ikutan ngumpulnya, cuma agak kurang tepat misalnya saya yang maju di sini... Pengennya sih lebih musyawarah demi mufakat. :p

Salam,
Maji
Sorry, only registered users may post in this forum.

Click here to login