Welcome! Log In Create A New Profile

Advanced

Tanya Seputar Hotend di Pasaran

Posted by Vashikovich 
Tanya Seputar Hotend di Pasaran
October 30, 2016 06:09AM
Halo bro2 master2 RepRap Indonesia
dah lama ga nimbrung2 di sini semenjak udah mulai lancar nge-print sendiri hehehe spinning smiley sticking its tongue out

Sedikit mau tanya aja, biasanya master2 di sini kalau pakai hotend apa dan dari mana ya?
Saya biasa pakai hotend E3D V5, beli dari beragam penjual di Tokopedia.

Most of the time sih sebenernya baik2 aja, cuma kadang suka agak nge-jam aja filamennya ketika masuk, dan harus dicoblos paksa pakai kunci L ke saluran filamennya baru bisa lancar lagi.
Setelah berkali2 jam-coblos sampai pada akhirnya ga bisa dicoblos lagi, pas dicek ternyata PTFE lining di heatbreak/throat-nya penyok2 gitu. Dan yang masalahnya lagi adalah heatsink dan heatbreak kekunci kenceng banget ga bisa dilepas, jadi terpaksa ganti sepaket dari push-fit sampe nozzle karena yg jual heatsink+heatbreak doang ga ada... Dari 4 yg pernah saya beli, 3 kekunci dari sananya, cuma 1 yg
heatbreak-nya bisa dilepas, itu pun akhirnya kekunci juga karena saya pasang kekencengan hehe. Tapi habis itu saya beli E3D V6 3 buah bisa dicopot semua, tapi belum dipake juga sih.

Jadi intinya yg mau ditanya adalah:
1. Ada yang pernah mengalami kekunci gitu? Ada cara untuk ngelepasnya kah? Sayang soalnya kalau tiap rusak heatbreak harus ganti sepaket.
2. Atau ada cara untuk benerin heatbreak-nya/PTFE lining di dalem heatbreak-nya?
3. Master2 di sini juga suka nge-jam yang demikian gak? yg mamper bukan di keluaran nozzle, tapi di saluran masuk filamennya
4. Kalau E3D V5 sama V6 bagus mana sepengalaman master2 sini? kalau oke V6 mungkin saya ganti V6 sekalian aja hehe.

Terima kasih smileys with beer
Re: Tanya Seputar Hotend di Pasaran
October 31, 2016 09:50AM
Saya sih personally pake v5, sudah terbujti clone v5 yang relating paling reliable. Saya tidak bisa recommend clone v6 karena pembayaran saya beli 3, semuanya bermasalah di heatbreak dan heatsinknya.

1. Kalo kekunci, berarti kencengin nozzle sama heatbreak kurang bagus ato salah. Waktu kencengin nozzle ke heatbreak saya recommend panasin dulu heatblocknya sampe temp max. Kalo sudah terlanjur kekunci, coba panasin heatsinknya beserta heatbreaknya terus coba paksa putar.

2. Saya sih blom pernah punya masalah ini. Menurut saya, PTFEnya rusak mungkin karena kurang panjang ato kepanjangan. Kalo kependekan, bakal ada gap antara masukan filamen di heatbreak dan PTFEnya. Dan filamen yang masuk nabrak bibir PTFEnya. Kalo kepanjangan, nanti PTFEnya ke kompress terlalu banyak terus diameter dalam mengecil. Ini hanya hipotesa aja sih, karena saya blom pernah mengalaminya.

3. Pernahnya jam karena heatsinknya (v5) karena masukan filamen setelah push fit bornya kurang rapih, masih ada "bur" ato sisa bor. Kalo v6 konsisten punya saya jam di heatbreak nya karena designnya diubah2 sama manufaktur clonenya.

4. Hati2 beli v6, dari 3 yang saya pernah beli (manufaktur / penjual beda2) tiga2nya jam. Karena design heatbreaknya mereka ubah. Jenis heatbreak yang saya pesan yang full metal semua (no teflon inside). Mereka buat heatbreaknya biar PTFE tube 4mm nya bisa dimasukin sampe tengah2 throat. Dimana Mustinya hanya sampe atas heatbreak. Akhirnya saya beli heatbreak lagi dari penjual yang beda (lebih mahal produknya) saya beli yang di dalamnya ada PTFE tubenya (seperti v5 clone) dan satu lagi dimana PTFE 4mm yang dipakai untuk bowden bisa tembus heatbreaknya dari atas sampe bawah dan lebih lagi. Kedua jenis heatbreak ini jalan bagi saya, no jamming. Tapi yah minusnya engga all metal hot end lagi.

tl;dr beli v6 dari sumber yang bagus dan sudah menjamin kualitas barang. Dan jika beli v6, beli yang heatbreaknya bisa tembus PTFE tube 4mm.

Ini semua dari pengalaman saya saja sih, saya ga bisa jamin saran saya yang absolut benar.


P.S kalau bisa join Facebook group "3d printer Indonesia". Karena beberapa individual di forum ini, hampir semua master2 pindah ke sana. Sekarang forum ini jadi lumayan sepi, jarang yang mengecek.

Edited 1 time(s). Last edit at 10/31/2016 09:53AM by PvtPrivate.
Re: Tanya Seputar Hotend di Pasaran
November 21, 2016 06:30PM
Saya pake JHead dan E3D V6 all metal (non clone). Hampir ga pernah nge-jam. Kalo pun iya sudah ngeprint lama (>1 tahun) yg artinya saatnya dibongkar dan dibersihkan.

Jika jam di lubang masuk, coba ujung ptfe bagian dalam pas filament masuk dipotong miring hingga lubangnya jadi lebih besar.
Re: Tanya Seputar Hotend di Pasaran
December 26, 2016 08:21PM
Saya ngeprint sendiri MK8 nya makerbot, aman (bahkan yang superflex) setup direct atau bowden no problem
Re: Tanya Seputar Hotend di Pasaran
December 28, 2016 11:32PM
Coba adjust step per mm extruder. Ada kemungkinan over extrude. Jangan percaya perhitungan teoritis, karena diameter filamen 1.75 belum tentu benar2 1.75
Sorry, only registered users may post in this forum.

Click here to login