Welcome! Log In Create A New Profile

Advanced

ukuran nozzle yang terbaik berapa ?

Posted by fikri 
ukuran nozzle yang terbaik berapa ?
August 16, 2014 04:37AM
maaf sebelulmnya gan.

saya masih baru dan baru mau memulai mencari tahu tentang printer 3d.
buat teman-teman yang sudah berpengalaman, sebaiknya ukuran nozzle untuk sebuah printer 3d berapa. ?


saya binggung, kalau milih yang kecil nanti waktu mencetak lamban sekali, tapi kalau yang besar nanti hasilnya tidak bagus.

mohon bantuannya gan.
Re: ukuran nozzle yang terbaik berapa ?
August 17, 2014 01:53AM
Bagus atau tidaknya hasil print tidak dipengaruhi ukuran nozzle. Jika yang dimaksud seberapa halus / kecil ukuran dinding atau perimeter yg bisa diprint, mari kita lihat.

Saya menggunakan nozzle ukuran 0,35 dan 0,5 mm. Jadi saya gunakan ini saja sebagai referensi berdasarkan profile printing saya.
Untuk 0,35 dinding terkecil yang bisa diprint adalah 0,37 mm dengan tinggi layer 0,1 mm; 0,41mm dengan layer 0,15 mm; kemudian 0,45 mm dengan layer 0,2 mm. Sedangkan untuk nozzle 0,5: 0,49 mm dengan layer 0,1 mm; 0,53 dengan layer 0,15; 0,56 mm dengan layer 0,2 mm; dan 0,59 mm dengan layer 0,25 mm. Saya tidak pernah lagi ngeprint dengan layer >= 0,3 mm.

Dengan ukuran-ukuran seperti itu, tentunga tergantung model yang akan anda print, seberapa kecil dan tipis dinding yang perlu diprint. Dari pengalaman hanya sejauh ini, saya tidak menemukan perbedaan print dengan nozzle 0,35 dan 0,5, kecuali untuk print layer paling kecil 0,1 mm lebih mudah dan bagus menggunakan nozzle 0,5 dibanding 0,35.

Soal keceptan, tentu saja secara teori ukuran nozzle berbanding lurus dengan jumlah extrusion. Antara 0,35 dan 0,5 saya rasa tidak terlalu jauh bedanya. Mungkin, saya belum pernah coba, akan berbeda nyata untuk ukuran 0,6 atau 0,8. Kecepatan pun bukan hanya ditentukan oleh ukuran nozzle.

Catatan tambahan lain: katanya untuk filamen jenis terntentu seperti Taulman T-Glass direkomendasikan menggunakan nozzle paling tidak 0,6; juga untuk filamen flexibel seperti Ninja Flex.
Re: ukuran nozzle yang terbaik berapa ?
August 17, 2014 11:57PM
Halo2;
Baru2 ini ga aktif; lagi sibuk ngerakit Mendelmax, dan lagi nge upgrade prusa saya.

IMHO lagi ya;
Nozzle max 0.5 aja; kalo lebih gede; gampang banget print nya blobor (maaf bahasa indonesia saya) - pas nanti kalibrasi overhang setengah mati;
Nozzle yang kecilan lebih halus aja;

yang paling penting mungkin adalah Extruder Head nya kalao bisa pilih untuk Filamen 1.75mm, yang 3mm lebih mahal. Kalo bisa minta dikasih PTFE tube nya supaya bisa ngeprint pakai 1.75 dan 3mm

Ini berdasarkan pengalaman saya menggunakan
PLA 3mm, 1.75
J Head 0.7mm - Bad Print Quality
Budaschnozzle 0.5mm - Good lah standar

Selama ini belum coba pakai ABS;
Re: ukuran nozzle yang terbaik berapa ?
August 19, 2014 01:26AM
terima kasih kepada zungman dan indojogger , atas tips dan sarannya.


dilihat dari hasil cetakan printer 3d cukup banyak saya lihat kualitasnya tidak memuaskan. apakah ada trik kusus supaya printer 3d bisa mencetak dalam kualitas HD. seperti pemilihan nozzle, atau filament.

apa yang harus dilakukan supaya printer 3d bisa mencetak dalam kualitas HD ?
Re: ukuran nozzle yang terbaik berapa ?
August 19, 2014 04:47AM
Bro fikri bisa didefinisikan apa yg dimaksud dengan kualitas HD?
Secara teori, resolusi X dan Y untuk RepRap dgn GT2 Belt & Pulley, 16 microstep itu 0,0125mm.
Tapi perbedaan setipis itu tidak terlihat mata. Sublime, desainer Tantilus, pernah bikin embos huruf dgn resolusi XY 0,08 mm yg hanya bisa terlihat oleh mikroskop.
Pertanyaan beikutnya, apa tujuannya ingin print dgn 'resolusi HD'? Juga, seberapa besar objek yg akan diprint? Jika ukurannya mini, 1-2 cm dan ingin detil, mungkin teknilogi FDM tidak terlalu cocok.

Untuk Z bisa jauh lebih kecil tp praktisnya 0,05mm sangat sulit, 0,1 bisa, tp saya ga tahan lamanya saja smiling smiley
Ultimaker terakhir bisa ngeprint sampai resolusi Z 20 micron alias 0,02 mm.

Apa isu yg ditemukan di print yg tidak memuaskan itu? Bisa dijeaskan?
Re: ukuran nozzle yang terbaik berapa ?
August 19, 2014 06:12AM
halo zungmann.

kualitas cetak seperti ini yang kuharapkan. .
apakah ada trik khusus dan ukuran filamen yang digunakan dan bagaimana caranya melakukan kalibrasi untuk mencetak smooth seperti ini?

Edited 3 time(s). Last edit at 08/19/2014 06:14AM by fikri.
Re: ukuran nozzle yang terbaik berapa ?
August 20, 2014 11:17PM
Wah hasilnya bagus sekali. Ini sih di luar kemampuan print saya, jadi ga tau deh caranya bisa ngeprint seperti itu. Jika lihat print gallery, bro Herman IP3D bagus banget printnya, mungkin beliau mau share di sini gimana caranya.

Hasil print saya masih seperti di foto terlampir. Tapi bagi saya ada kemajuan dan jauh lebih baik dibanding pertama kali ngeprint part yg sama. Dari sedikit pengalaman rakit printer, saya kira untuk kualitas bagus itu yg lebih penting adalah presisi, bukan akurasi saja. Akurasi dicapai dengan kalibrasi, tapi presisi ini lebih ditentukan oleh mekanik. Jika tertarik dan mau bikin printer, bisa saya share lebih banyak di sini nanti.
Attachments:
open | download - printed_parts.JPG (105.1 KB)
Re: ukuran nozzle yang terbaik berapa ?
August 22, 2014 08:02AM
@fikri
wah rapih betul itu hasil printnya, kalau setahu saya, 3D printer dengan metode FDM/ FFF susah sekali untuk mencapai hasil yang seperti itu, hasil seperti itu hanya mungkin didapat kalau menggunakan metode STL (stereolithography) atau photopolymer inkjet, seperti yang digunakan oleh printer 3D komersial buatan stratasys (tipenya klo tidak salah objet connex)
Re: ukuran nozzle yang terbaik berapa ?
August 22, 2014 09:35PM
halo zungman dan gans.


gambar-gambar itu memang hasil printer 3d reprap gan. agan coba saja cek di instructables.com. bagaimana caranya membuat hasil cetak seperti itu , aku masih tidak tahu, dan aku belum juga mencobanya. karena printer 3d nya belum ku buat.
Re: ukuran nozzle yang terbaik berapa ?
August 23, 2014 10:22PM
bro Fikri, yg dimaksud bro Ganz itu teknologi printing yg digunakannya apa. Yang banyak digunakan atau kita bahas soal nozzle dsn lebih untuk FDM/FFF. Awalnya RepRap dibuat untuk FDM ini, dan by default orang mengasosiasikan RepRap untuk FDM. Tapi di forum reprap ini pun orang sudah diskusi dan bikin printer dgn SLS (Selective Laser Sintering) berbahan powder/serbuk. Atau juga resin printing dgn laser atau DLP. Ada link ke instructables-nya?

Anggaplah itu FDM, buat saya sangat sulit smiling smiley, mendekati nanti mungkin bisa, tapi artifak khas FDM itu garis2 per layer biasanya tetap ada, kecuali ada post processing, misal untuk abs dgn diuapi acetone untuk dapat permukaan halus.
Re: ukuran nozzle yang terbaik berapa ?
August 24, 2014 01:26PM
Mengenai hasil print... Saya cuma bisa share sedikit... Untuk yg reprap usahakan mesin printer tidak goyang framenya waktu printing.
selanjutnya yg harus diperhatikan adalah kalibrasi extrude. Ingat material juga pengaruh. Jangan sering gonta ganti merek material.
problem nya yaitu jenis campuran material. Ya sama2 pla tapi merk A dan B beda komposisi. Maka dr itu saya sekarang cuma berpatok sama
1 supply yang sudah tested dengan setting printer. Yang pasti merk gak karuan hasilnya 90% kacau. Slicing dan model orientation
juga perlu diperhatikan. Slicer, makerware terdapat satu titik dimana gerakan berputar balik dan secara vertikal membentuk garis. S3D ada setting random untuk titik ini. Jadi putar balik akan teracak.
abs print lebih smooth dibanding pla. Tetapi kembali lagi slicing apa yg digunakan. Semua ada kelebihan dan kekurangan. Model yang saya pajang digallery memang kualitasnya bagi saya standar. Saya pernah paksa ke res 0.05mm dan hasilnya sangat smooth. Tapi kendala juga ada. Saat ini saya hanya pakai res 0.15mm dan 0.1mm saja. Nozzle std 0.4mm. Ya saya berpatok juga ke pemahaman teknik setting printing dengan berbagai jenis material seperti pla, abs, hips, nylon, pva dll. Treatmentnya berbeda.
kl pas di sby bisa konsultasi... Karena saya ada sample2 nya semua..kalo saya jelaskan lebih jauh bisa jd novel. Hahahahahaha.

printing partnya bro zungman dah ok tuh... Coba besok saya show pic hasil print saya pake pla esun, slicer s3d yg sudah saya optimized. No stingy, minimum bulb. Bro zungman coba di adjust lagi ooze control. Msh cukup lumayan sidw bulb nya.

Herman IP3D
Re: ukuran nozzle yang terbaik berapa ?
August 25, 2014 05:00AM
Ini penampakan hasil printing saya

1. Print Ipad mini stand ABS (merk abal2) suhu 235C heated 100C - banyak bulb yang terjadi karena material beda (saya set S3D disesuaikan dengan eSUN ABS). Pake teknik saya NO Warp...



2. Print Part Prusa I3 PLA eSUN suhu 205C heated 50C - special ivoy tape. Almost no bubble - model lebar hingga 19cm saya photo agak dekat biar keliatan layernya.



3. Print Iphone Dock passive amp PLA (merk abal2) suhu 205C heated bed 50C - speial ivoty tapi. no bubble - model lebar 16cm. Kalo yang ini korban nya kaca pecah kena tangan saya karena kelupaan melapis dengan lem uhu, spinning smiley sticking its tongue out



Pake mesin Duplicator DUO - FW Sailfish 2.6 - Slicing S3D

Silahkan di cek sendiri kualitas printing saya....
Sorry, only registered users may post in this forum.

Click here to login