Oh kirim foto ya bro eraki - OK OK......

Simple - Original eSUN BRAND Packaging....



eSUN awal spool hitam kebetulan nancep di printer.



Terima kasih atas kepercayaan nya kepada IP3D dan BRAND eSUN.....
Buat yang masih meragukan asal usul 3D filamen kami.

Terlampir Foto Stock sebagian dari Esun 3D filamen di salah satu gudang kami.


Iroh / Egan
PT Aneka Indonesia
Jl. Lautze No. 9
Jakarta 10740
INDONESIA
Tel : +6221-6394908, 6290433, 6251748, 6252460
Fax : +6221-6295023
SMS Only : +6285777088533
Email : anekaid@gmail.com ; anekaid@yahoo.com
Jam Kerja :
Senin - Jum'at : 09:00 - 16:30
Sabtu : 09:00 - 13:00
Minggu - Hari Raya : Libur, Kantor tidak buka.

Edited 1 time(s). Last edit at 10/01/2015 09:44PM by Aneka3D.
Quote
eraki
Wah, wah.. Gimana ya soal jualan..
Mungkin w ga banyak ribut dsni, tapi ya klo bgnian jangan bawa sensi gtu..
Klo emng dia punya palsu ya mo gmna juga ini sebenarnya forum belajar..
Saya sendiri udh coba filament dari yang merek dan ga merek, ya klo jelek langsung ga beli lagi aja.. "Blacklist seller".. Kelar..
Toh klo emng sudah biasa print nanti juga tau perlu beli laginya kemana..

Soal spool sama keaslian sih klo ga ditunjukin, ga tau ya...
Kan dia blom posting foto spool dia sama sekali, kenapa tau" dibandingin gtu...
Nanti pas mrk mau ambil ya liat aja gmna feedbacknya... Mana tau memang spool dri lokal begtu..spinning smiley sticking its tongue out
Secara emng bikin plastik yang warna item lebih ekonomis dari pada yg transparant, soalnya bisa udh bekas recycle klo yg item...
Ya nyatanya ada aja yg jual spoolny item kyk di amazon (pake bren esun juga tuh): amazon

Pihak Aneka3D juga ga ada gunanya bilang sudah lebih lama atau gmna,
Toh banyak juga prusahaan tua yang udh mau gugur jadi pakai jalan belakang... grinning smiley
Ini lebih baik tingkatkan kewaspadaan buyer sih..

Saya setuju sama Bro Eraki, biar User/Buyer yang menilai kualitas, keaslian, kejujuran dan reputasi penjual.
Di Era Internet ini, Reputasi bisa gampang di lihat dari Post-Post terutama di forum-forum.
Bukan caranya Bro IP3D ini, yg zolim main cap dan fitnah sembarangan saja.

Mengenai Spool warna hitam :
- Dahulu Esun, punya 2 Spool Color, Warna Putih Kecil untuk PLA dan Hitam untuk ABS.
Kedua Spool tersebut tidak standard Makerbot Spool. Kami komplain, dan banyak filamen yang dikirim
umur produksinya sudah bertahun-tahun lamanya. Salah satu alasan kami dengan minta Spool Custom dan Non Packaging,
kami pastikan Produk 3D Filamen yang kami dapatkan lebih Fresh dan Batch Baru, yang mana telah improve dari sisi kualitas dan mutunya.
- Belajar dari Pengalaman tersebut, kami minta Spool harus Standard dan warna hitam sama dengan Makerbot Spool dan
bisa langsung di pakai di Mesin Makerbot, tanpa harus buat Spool Holder Khusus lagi.
dikarenakan Makerbot di awal 2012 adalah referen/kiblat dari semua 3D Filament Printer, selain Ultimaker.
- Kenapa hanya masuk 1.75 mm, berdasarkan analisa kami, hampir 80% 3D printer mengunakan Dia. 1.75 mm,
kami putuskan untuk jual yang memiliki segmen terbesar. Kecuali Ultimaker dan hanya beberapa brand sedikit yang masih mengunakan Dia. 3 mm
- Tentunya dengan permintaan spool custom dan non brand packaging, Permintaan ini hanya bisa dilayani Esun, jika Volume Pesanan yang harus kami pesan jumlahnya besar, dibanding dengan hanya beli yang sudah Ready Stock saja,

Esun 3D filament ini kami masuk dalam keadaan sdh jadi utuh terpack, dan tersegel vacuum plastik dengan dessica didalamnya,
langsung dri Shenzhen Esun Industrial Co. Ltd.

Salam 3D Sukses untuk Bro Eraki

Edited 4 time(s). Last edit at 10/01/2015 10:34PM by Aneka3D.


Berhubung ud di kasih tester material ABS Natural. langsung jemput pake gojek n langsung ogut test sekalian buat ngerjain klien saya punya. overall hasil oke. print di temperatur 255. dan kekuatan untuk bagian tipis jg boleh juga.

Saran saya buat pak Egan dan pak Herman. lebih baik di klarifikasi sejelas jelas nya. jgn ada keributan di forum. terutama memang yg permasalahkan disini soal merek, semua harus jelas sejelas jelas nya. sehingga tidak terjadi kericuhan yang panjang.

kita semua disini saling berbagi ilmu dan pengetahuan, bahkan ada yang sampai berbagi 1 roll filament lho hehehehe...thx buat pak Egan Aneka ud mo kasih tester free 1 roll ABS Natural nya.
Kepada RepRapers Indonesia,

Dari percakapan diatas, persoalan utama yang saya tangkap dari masalah ini adalah soal Brand Name "ESUN" yang dipakai oleh PT Aneka dalam menjual Filamen 3D Printer nya, yang oleh pihak IP3D dianggap sebagai pelanggaran hak penggunaan merk. Setelah membaca post post di atas, saya ingin mengutarakan beberapa pendapat saya mengenai hal ini. Mohon Post ini dibaca sampai habis terlebih dahulu sebelum Berkomentar.


Pertama tama, Saya setuju sekali dengan perkataan bro Zungmann, bahwa Brand name itu memiliki kekuatan yang sangat besar dalam menarik pembeli, dan hal itulah yang membuat pemegang berbagai brand terkemuka di dunia melindungi hak penggunaan brand nya mati matian (sebut saja Louis Vuitton yang menyita hand bag palsu dengan merk nya di customs bandara di berbagai negara). Menariknya, hal ini bukan hanya masalah perusahaan dengan omset jutaan dollar, tapi juga masalah perusahaan "open source" yang menjual barang yang sifatnya "open", dimana semua orang bisa membuat sendiri barang yang dijual oleh perusahaan tersebut.


Berangkat dari hal tersebut, mari kita ambil contoh sebuah perusahaan open source dengan brand yang sangat terkenal, yaitu "ARDUINO" untuk mengumpamakan masalah yang sedang terjadi di forum ini.

Brand name Arduino merupakan brand yang sangat terkenal sehingga dimana mana ada banyak sekali barang yang menuliskan Brand "Arduino" di produknya, baik dengan tujuan untuk mendongkrak sales maupun untuk menjual barang kopian yang desainnya diambil langsung dari database arduino yang sifatnya "OPEN" tersebut. Berdasarkan artikel dari arduino sendiri Arduino CC, Blog Arduino, dan artikel dari website lainnya Makezine, ada satu hal yang dapat kita simpulkan, yaitu walau Arduino adalah open source, namun yang bersifat "OPEN" hanyalah sebatas desain hardware dan software saja, bukan Brand Arduino nya, sehingga sekalipun barang anda adalah 100% sama desain hardware dan software nya, bahkan apabila barang anda adalah versi unbranded dari pabrikan arduino original itu sendiri (Dengan kualitas yang sama), anda tidak dapat menjual barang anda dengan label "Arduino", karena barang yang anda jual bukanlah barang resmi yang dijual oleh arduino dan authorized seller nya. Hal serupa juga berlaku pada board arduino Original yang tidak lulus QC oleh arduino sendiri. Barang yang tidak lulus QC ini seharusnya dihancurkan, namun karena kenakalan beberapa pihak, maka barang ini dijual di pasaran sebagai Arduino asli, karena baik dari segi desain, layout, dan brand, adalah 100% sama dengan original, yang padahal barang tersebut adalah barang yang tidak lulus QC dari pabrik arduino yang diselundupkan. Hal ini merupakan penyalahgunaan penggunaan brand, karena barang yang dijual dengan brand tersebut bukanlah barang asli yang telah di approve oleh si Pemilik brand.

Hal ini akan lain ceritanya apabila si penjual barang Reject, unbranded, dan clone tersebut menjual barangnya dengan brand nya sendiri, misalnya "CacatDuino", maka hal ini bukanlah pelanggaran penggunaan brand, karena tanpa brand brand nya, arduino tidak dapat disalahkan apabila ada kerusakan maupun kerugian yang dihasilkan dari penggunaan barang tersebut.


Dari penjelasan diatas, kita bisa ambil kesimpulan dari masalah yang sedang kita hadapi di forum ini, yaitu :
nb: Semua kesimpulan gambar diambil dari gambar yang di post di thread ini

1. PT Indoprin Tiga Dimensi (IP3D) mempunyai hak untuk meng klaim penggunaan brand ESUN di indonesia, karena produk yang dijual oleh IP3D adalah produk resmi yang dikeluarkan oleh Shenzhen Esun Industrial Co.,Ltd (ESUN). Hal ini dapat dilihat dari kemasan yang digunakan pada produk ESUN yang dijual oleh IP3D sama dengan deskripsi dan gambar produk yang tertera pada website resmi ESUN (Batch ESUN Terbaru menggunakan Spool Transparan yang dihubungkan dengan 2 Buah Baut, dan menggunakan karton berjenis "Front Lock Corrugated Box" ber desain unik). Selain itu, website resmi ESUN juga telah memasukkan PT. Indoprin Tiga Dimensi (IP3D) sebagai Sole Authorized Distributor ESUN Filament di Indonesia, yang dapat dibuktikan dengan mengunjungi Halaman ini


2. PT Aneka indonesia belum mempunyai bukti yang cukup kuat yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa filamen 3D yang dijual oleh PT Aneka Indonesia merupakan filament asli yang di keluarkan oleh Shenzhen Esun Industrial Co.,Ltd (ESUN). Hal ini karena Logo ESUN hanya terlihat pada foto Karton Pembungkus Utama yang berlogo ESUN yang di post oleh PT Aneka Indonesia. Kemasan Karton dan Spool yang digunakan pun terlihat berbeda dari kemasan dan spool terbaru yang digunakan oleh ESUN, dan tidak adanya Brand ESUN yang tertera pada Spool 3D Filament.


3. 3D Filament yang dijual oleh PT Aneka Indonesia Belum Tentu merupakan 3D Filament yang jelek (Karena saya sendiri belum mencoba, bagaimana pendapat reprappers lainnya?), bisa saja filament yang dijual oleh PT Aneka Indonesia mempunyai kualitas yang menyerupai, sama, bahkan melebihi kualitas dari 3D Filament Official ESUN dengan kemasan resminya, sehingga tidak adil apabila kita mengatakan bahwa 3D Filament yang dijual oleh PT Aneka Indonesia adalah Filamen yang Jelek.



Sehingga Solusinya :

- Ada baiknya apabila PT Aneka Indonesia tidak menggunakan judul jualan "Jual ESUN 3D Filament ABS/PLA/HIPS/PVA/FLX/PETG/CCU/CCT/WOOD/BRONZE/CLEANING", karena 3D Filament yang anda jual, meskipun memiliki kualitas yang sama ataupun melebihi dari 3D Filament Official ESUN, tidak memiliki bukti yang cukup kuat untuk dapat dan pantas disebut sebagai "ESUN 3D Filament", sehingga sebaiknya anda mengganti judul jualan anda dengan "Jual 3D Filament Kualitas Setara ESUN ABS/PLA/HIPS/PVA/FLX/PETG/CCU/CCT/WOOD/BRONZE/CLEANING", karena saya kira yang menjadi pokok permasalahan di sini adalah Pengunaan Brand ESUN pada produk yang anda jual, Bukan pada permasalahan Kualitas 3D Filament yang anda jual.


Penjelasan Singkat:
ESUN 3D Filament = 3D Filament Bermerk ESUN yang dibuat dan dipasarkan Resmi Oleh Shenzhen Esun Industrial Co.,Ltd (ESUN), dengan kualitas yang dijamin oleh ESUN.
3D Filament Kualitas Setara ESUN = 3D Filament (bisa merk apa saja) yang bisa saja dibuat oleh pabrik yang membuat filamen ESUN, namun bukan dipasarkan secara resmi oleh ESUN, sehingga tidak bisa disebut sebagai 3D Filament ESUN, namun dengan kualitas yang sama (atau melebihi) dengan 3D Filament Original ESUN



Sekian dari saya, saya harap penjelasan ini dapat membuat kita semua tambah mengerti dan dapat menyelesaikan masalah ini.

Terima Kasih, dan Mohon maaf apabila post nya panjang grinning smiley

Salam RepRap

Edited 1 time(s). Last edit at 10/02/2015 11:24AM by Ganz.
Quote
Ganz
Kepada RepRapers Indonesia,

Dari percakapan diatas, persoalan utama yang saya tangkap dari masalah ini adalah soal Brand Name "ESUN" yang dipakai oleh PT Aneka dalam menjual Filamen 3D Printer nya, yang oleh pihak IP3D dianggap sebagai pelanggaran hak penggunaan merk. Setelah membaca post post di atas, saya ingin mengutarakan beberapa pendapat saya mengenai hal ini. Mohon Post ini dibaca sampai habis terlebih dahulu sebelum Berkomentar.


Pertama tama, Saya setuju sekali dengan perkataan bro Zungmann, bahwa Brand name itu memiliki kekuatan yang sangat besar dalam menarik pembeli, dan hal itulah yang membuat pemegang berbagai brand terkemuka di dunia melindungi hak penggunaan brand nya mati matian (sebut saja Louis Vuitton yang menyita hand bag palsu dengan merk nya di customs bandara di berbagai negara). Menariknya, hal ini bukan hanya masalah perusahaan dengan omset jutaan dollar, tapi juga masalah perusahaan "open source" yang menjual barang yang sifatnya "open", dimana semua orang bisa membuat sendiri barang yang dijual oleh perusahaan tersebut.


Berangkat dari hal tersebut, mari kita ambil contoh sebuah perusahaan open source dengan brand yang sangat terkenal, yaitu "ARDUINO" untuk mengumpamakan masalah yang sedang terjadi di forum ini.

Brand name Arduino merupakan brand yang sangat terkenal sehingga dimana mana ada banyak sekali barang yang menuliskan Brand "Arduino" di produknya, baik dengan tujuan untuk mendongkrak sales maupun untuk menjual barang kopian yang desainnya diambil langsung dari database arduino yang sifatnya "OPEN" tersebut. Berdasarkan artikel dari arduino sendiri Arduino CC, Blog Arduino, dan artikel dari website lainnya Makezine, ada satu hal yang dapat kita simpulkan, yaitu walau Arduino adalah open source, namun yang bersifat "OPEN" hanyalah sebatas desain hardware dan software saja, bukan Brand Arduino nya, sehingga sekalipun barang anda adalah 100% sama desain hardware dan software nya, bahkan apabila barang anda adalah versi unbranded dari pabrikan arduino original itu sendiri (Dengan kualitas yang sama), anda tidak dapat menjual barang anda dengan label "Arduino", karena barang yang anda jual bukanlah barang resmi yang dijual oleh arduino dan authorized seller nya. Hal serupa juga berlaku pada board arduino Original yang tidak lulus QC oleh arduino sendiri. Barang yang tidak lulus QC ini seharusnya dihancurkan, namun karena kenakalan beberapa pihak, maka barang ini dijual di pasaran sebagai Arduino asli, karena baik dari segi desain, layout, dan brand, adalah 100% sama dengan original, yang padahal barang tersebut adalah barang yang tidak lulus QC dari pabrik arduino yang diselundupkan. Hal ini merupakan penyalahgunaan penggunaan brand, karena barang yang dijual dengan brand tersebut bukanlah barang asli yang telah di approve oleh si Pemilik brand.

Hal ini akan lain ceritanya apabila si penjual barang Reject, unbranded, dan clone tersebut menjual barangnya dengan brand nya sendiri, misalnya "CacatDuino", maka hal ini bukanlah pelanggaran penggunaan brand, karena tanpa brand brand nya, arduino tidak dapat disalahkan apabila ada kerusakan maupun kerugian yang dihasilkan dari penggunaan barang tersebut.


Dari penjelasan diatas, kita bisa ambil kesimpulan dari masalah yang sedang kita hadapi di forum ini, yaitu :
nb: Semua kesimpulan gambar diambil dari gambar yang di post di thread ini

1. PT Indoprin Tiga Dimensi (IP3D) mempunyai hak untuk meng klaim penggunaan brand ESUN di indonesia, karena produk yang dijual oleh IP3D adalah produk resmi yang dikeluarkan oleh Shenzhen Esun Industrial Co.,Ltd (ESUN). Hal ini dapat dilihat dari kemasan yang digunakan pada produk ESUN yang dijual oleh IP3D sama dengan deskripsi dan gambar produk yang tertera pada website resmi ESUN (Batch ESUN Terbaru menggunakan Spool Transparan yang dihubungkan dengan 2 Buah Baut, dan menggunakan karton berjenis "Front Lock Corrugated Box" ber desain unik). Selain itu, website resmi ESUN juga telah memasukkan PT. Indoprin Tiga Dimensi (IP3D) sebagai Sole Authorized Distributor ESUN Filament di Indonesia, yang dapat dibuktikan dengan mengunjungi Halaman ini


2. PT Aneka indonesia belum mempunyai bukti yang cukup kuat yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa filamen 3D yang dijual oleh PT Aneka Indonesia merupakan filament asli yang di keluarkan oleh Shenzhen Esun Industrial Co.,Ltd (ESUN). Hal ini karena Logo ESUN hanya terlihat pada foto Karton Pembungkus Utama yang berlogo ESUN yang di post oleh PT Aneka Indonesia. Kemasan Karton dan Spool yang digunakan pun terlihat berbeda dari kemasan dan spool terbaru yang digunakan oleh ESUN, dan tidak adanya Brand ESUN yang tertera pada Spool 3D Filament.


3. 3D Filament yang dijual oleh PT Aneka Indonesia Belum Tentu merupakan 3D Filament yang jelek (Karena saya sendiri belum mencoba, bagaimana pendapat reprappers lainnya?), bisa saja filament yang dijual oleh PT Aneka Indonesia mempunyai kualitas yang menyerupai, sama, bahkan melebihi kualitas dari 3D Filament Official ESUN dengan kemasan resminya, sehingga tidak adil apabila kita mengatakan bahwa 3D Filament yang dijual oleh PT Aneka Indonesia adalah Filamen yang Jelek.



Sehingga Solusinya :

- Ada baiknya apabila PT Aneka Indonesia tidak menggunakan judul jualan "Jual ESUN 3D Filament ABS/PLA/HIPS/PVA/FLX/PETG/CCU/CCT/WOOD/BRONZE/CLEANING", karena 3D Filament yang anda jual, meskipun memiliki kualitas yang sama ataupun melebihi dari 3D Filament Official ESUN, tidak memiliki bukti yang cukup kuat untuk dapat dan pantas disebut sebagai "ESUN 3D Filament", sehingga sebaiknya anda mengganti judul jualan anda dengan "Jual 3D Filament Kualitas Setara ESUN ABS/PLA/HIPS/PVA/FLX/PETG/CCU/CCT/WOOD/BRONZE/CLEANING", karena saya kira yang menjadi pokok permasalahan di sini adalah Pengunaan Brand ESUN pada produk yang anda jual, Bukan pada permasalahan Kualitas 3D Filament yang anda jual.


Penjelasan Singkat:
ESUN 3D Filament = 3D Filament Bermerk ESUN yang dibuat dan dipasarkan Resmi Oleh Shenzhen Esun Industrial Co.,Ltd (ESUN), dengan kualitas yang dijamin oleh ESUN.
3D Filament Kualitas Setara ESUN = 3D Filament (bisa merk apa saja) yang bisa saja dibuat oleh pabrik yang membuat filamen ESUN, namun bukan dipasarkan secara resmi oleh ESUN, sehingga tidak bisa disebut sebagai 3D Filament ESUN, namun dengan kualitas yang sama (atau melebihi) dengan 3D Filament Original ESUN



Sekian dari saya, saya harap penjelasan ini dapat membuat kita semua tambah mengerti dan dapat menyelesaikan masalah ini.

Terima Kasih, dan Mohon maaf apabila post nya panjang grinning smiley

Salam RepRap


Yth Bro Ganz,

Terima kasih, pendapatnya bagus dan menarik untuk disimak dengan baik.

Saya setuju, bila barang yang kami jual itu Palsu dan adanya Unsur Penipuan oleh kami, Pantas dan layak untuk di musnah kan.
Mohon pendapat dari para RepRap / 3D Printing User. Kami umpamakan product Esun 3D Filamen kami ini sebagai Apple Iphone / Blackberry Asli / 3D Makerbot Printer Asli.
Yang mana produk tersebut sudah masuk banyak ke Indonesia. Jauh sebelum ada pihak yang mengajukan diri menjadi Distributor nya di Indonesia.
Dan mendadak Pihak Distributor Indonesia yang baru memegang lisensi, mencap semua penjual Produk Asli tersebut sebagai Penipu dan Penjual Barang Palsu.

Tentunya pernyataan tersebut adalah Fitnah serta Pencemaran Nama Baik dari Penjual Barang Asli termasuk Perusahaan kami,
Buat pihak kami, hal tersebut sangat lah tidak pantas dilakukan oleh sebuah Perusahaan yang menganggap dirinya Profesional,
Terutama dengan memposting Perusahaan kami sebagai Penipu dll.

Terbaik adalah melaporkan hal ini kepada Shenzhen Esun Industrial Co, Ltd, sebagai pemegang Merk Esun dan menempuh Jalur Legal yang ada.
Pihak kami pun sedang mempertimbangkan untuk melaporkan Pihak IP3D atas pencemaran Nama Baik Perusahaan kami, kepada Pihak Berwajib di Indonesia.
Kamipun telah menjelaskan asal usul barang ini, juga mengenai spool dan kemasan yang kami pilih tersebut dsbnya pada Forum RepRap yang terhormat.
Keaslian dan Legalitas dari Barang yang kami import itu adalah Benar dan Asli dari Shenzhen Esun Industrial Co, Ltd,
Esun 3D Filamen ini sudah kami import dan jual di Indonesia, jauh lama sebelum pihak IP3D menjual produk Esun.
Pihak Aneka pun tidak pernah sekalipun menjelekan IP3D.

Mengenai Solusi Bro Ganz, ada baiknya link FJB di Kaskus, kalau berkenan diperhatikan Judulnya dan semua keterangan yang kami berikan
[fjb.kaskus.co.id]

Alasan kami memasang Judul Esun 3D Filamen pada Forum RepRap yang terhormat :
- Sikap arogan IP3D yang mencap Perusahaan kami sebagai Penipu dan Penjual Barang Palsu
- Nama Baik Perusahaan
- Adalah memang benar filamen yang kami jual adalah produksi dari Esun

Demikian penjelasan dari PT Aneka Indonesia. Mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang baik dari pihak kami.

Salam RepRap

Edited 1 time(s). Last edit at 10/02/2015 12:47PM by Aneka3D.
Yth PT Aneka Indonesia


Nah, maksud saya judul jualannya seperti yang di FJB kaskus itu pak, judulnya lebih Netral, tidak terlalu mengundang kontroversi.

O iya, satu lagi, kalau anda yakin bahwa 3D filament yang anda jual adalah asli buatan ESUN, anda bisa berikan buktinya? agar kita semua jelas
Maksud saya kira kira seperti ini :

Kalau anda bisa berikan bukti bahwa Filamen yang anda jual adalah memang buatan ESUN, maka kami akan percaya, karena selama ini anda belum memberikan bukti yang cukup untuk membuktikan bahwa filament yang anda jual adalah asli buatan ESUN. Saya percaya bahwa anda tidak memiliki maksud membohongi, karena saya sendiri sering membeli barang (komponen elektronik) di LTC, yang menurut si penjual adalah barang asli, dan memang setelah saya gunakan dan tes saya percaya adalah barang yang kualitasnya sama dengan asli, meskipun tidak ada bukti yang mensupport bahwa barang yang saya beli tersebut adalah barang asli. Karena tidak punya bukti tersebut, maka seringkali apabila seller ditanya tentang bukti dari keaslian dari barang tersebut, mereka lebih suka menjawab "Kita Bilang Sih Asli, Kita Udah Coba, Terserah Percaya Apa Enggak", karena mereka tidak mempunyai bukti yang kuat, sehingga seringkali standar kualitas barang dan komponen yang diberikan hanya berdasarkan kepercayaan antara seller dengan buyer. Seperti dalam kasus ini, apabila anda tidak bisa memberikan bukti tersebut, lain halnya apabila anda bisa memberikan bukti..

Apabila anda bisa memberikan bukti tersebut yang menyatakan bahwa 3D filament anda memang dibuat oleh ESUN, maka anda dapat menyebut filamen anda sebagai 3D Filament Made by ESUN, bukan sebagai ESUN 3D Filament, karena packaging yang anda gunakan tidak memiliki merk ESUN, dan berbeda dengan packaging resmi ESUN (Spool, box).

Saya punya contoh yang tepat untuk menjelaskan hal ini. Pada bulan Januari/Februari (lupa Pastinya) 2013, saya pernah membeli 3D Filament dari Seeedstudio, pada saat itu, deskripsi Singkat filamen di website seeedstudio adalah High Quality 3D Printer ABS Filament - Blue Color. Saat itu pihak seeed tidak memberi tahu filament tersebut mempunyai brand apa, sehingga kesimpulannya = No Brand. Ketika filamen sampai di rumah saya, saya lihat bahwa ada selembar tempelan yang tertempel pada spool 3D filament tersebut, yang bertuliskan Deskripsi Pabrik pembuat Filamen tersebut, yang kebetulan adalah Shenzhen Esun Industrial Co.,Ltd (ESUN), gambar dari filamen yang saya beli bisa dilihat di bawah, kebetulan waktu itu saya foto.


Dari tempelan tersebut, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa filament tersebut adalah 3D Filament ABS Blue Color No Brand buatan Shenzhen Esun Industrial Co.,Ltd (ESUN) kata No Brand saya sengaja bold kan untuk menekankan maksud saya, dan mungkin adalah maksud dari saudara Herman dari PT Indoprin Tiga Dimensi (IP3D) yang menjadi pokok permasalahan disini, yaitu meskipun 3D filament itu adalah buatan sebuah pabrik (dalam hal ini ESUN, seperti pada contoh filament yang saya berikan yang mempunyai tempelan yang menunjukan pabrik pembuat nya), apabila bentuk barang dan packagingnya (dalam hal ini berarti Spool, Box, brand name sticker, dsb) tidak sesuai dengan bentuk packaging resmi yang tertera di website / bentuk publikasi resmi lainnya, maka barang tersebut tidak boleh disebut barang bermerek resmi (dalam hal ini ESUN).

Dalam hal ini, apabila PT Aneka mengerti dan dapat memberikan bukti keaslian tersebut, maka saya harap anda dapat mengubah penulisan kata kata dari 3D filament anda, misalnya :

Aneka 3D Filament, Made by ESUN, atau
*insertyourbrandhere* 3D Filament Made by Esun, atau hanya
3D Filament (ABS, PLA, WOOD, HIPS, dsb) seperti yang dilakukan oleh Seeedstudio.com



Saya menulis pesan ini bukan membela salah satu pihak disini, namun saya berusaha untuk menjelaskan intisari dari perkataan saudara Herman dari IP3D, agar semakin jelas dan mudah dipahami, dan membuka kesalah pahaman yang terjadi, dimana dalam hal ini, saudara herman dari IP3D, selaku Sole authorized distributor dari ESUN merasa bahwa nama brand yang dipegang oleh beliau (ESUN) telah disalah gunakan oleh saudara Agus dari PT Aneka Indonesia yang menamakan/menjual 3D filament nya dengan judul "Jual ESUN 3D Filament ", namun desain dan packaging barang yang dijual adalah berbeda dengan desain official ESUN, dan tidak dapat memberikan sertifikat keaslian. Di lain pihak, PT Aneka Indonesia, yang merasa yakin bahwa 3D Filament nya adalah asli buatan ESUN merasa kesal dan telah dirugikan oleh perkataan saudara Herman dari IP3D, yang menyatakan bahwa 3D filament yang dijual oleh saudara Agus - PT Aneka Indonesia adalah bukan barang ESUN asli (yang secara tidak langsung memiliki makna bahwa PT Aneka Indonesia adalah Penipu), yang dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan dari user, jadi ketidak sepahaman inilah yang mengakibatkan terjadinya pertentangan ini. Yang Jelas, apabila pertentangan ini terus dilanjutkan, maka kedua belah pihak pasti akan dirugikan.


Yang pasti dari hal ini adalah, keaslian sebuah Produk yang dijual tidak dapat dibuktikan oleh User, namun, Kualitas produk yang dijual hanya User yang yang dapat membuktikan nyagrinning smiley



Sekian Dari Saya, Mudah mudahan hal yang saya jabarkan barusan dapat menghapus kesalahpahaman ini, dan mohon jangan saling memancing kemarahan satu sama lain di sini

Terima Kasih

Salam Reprap
Siap Bro Ganz,

Forum Rep Rap ini menurut pihak kami adalah Forum Terhormat,
Forum pembelajaran bagi semua orang, tidak hanya dalam menimba ilmu, pegembangan dan kemajuan
3D Printing Khususnya di Indonesia, melainkan juga dalam cara tata krama dan komunikasi yang baik,

Agar para RepRap jelas, siapa yang terlebih dahulu menuai kontroversi,
Kalau berkenan mohon review cuplikan thread dibawah ini :



Untuk Momod yang terhormat, kami persilahkan,
Untuk merubah Judul Thread kami saja dari :

Jual ESUN 3D Filament ABS/PLA/HIPS/PVA/FLX/PETG/CCU/CCT/WOOD/BRONZE/CLEANING +6285777088533

menjadi

Jual 3D Filament ABS/PLA/HIPS/PVA/FLX/PETG/CCU/CCT/WOOD/BRONZE/CLEANING +6285777088533

Untuk Dokumen / Surat ke Aslian / Origin, sedang kami mintakan ke Shenzhen Esun Industrial Co. Ltd.
Mohon maaf tidak bisa kami dapatkan segera, karena di China, sedang Libur Panjang dari Tgl 1 - 7 October 2015.

3D Filament Made by ESUN (100 % Original) Packing Condition - Seller by : PT Aneka Indonesia



Edited 4 time(s). Last edit at 10/03/2015 11:12AM by Aneka3D.
Spoll aneka sudah ane terima pla natural 1.75


Packing non brand



Hasil test print


Lumayan bagus hasil printnya, pabrikan esun atau bukan tinggal menunggu pihak esun sendiri. Bagi ane sendiri ga masalah asal harga cocok.

Masukan dari ane :
1. Ane berharap pihak aneka bisa memberi kontribusi yang bermanfaat kepada komunitas reprap indonesia , misalnya filament nonbrand tersebut dijual dengan harga nonbrand kualitas bagus.
2.Bila pihak aneka bersedia mengalah tidak menggunakan merk esun, maka masalah dianggap selesai.
3.bila forum tidak bisa menyelesaikan masalah, ada baiknya 2 pihak bertemu langsung, supaya paham maksud masing masing. Tidak kenal maka tidak sayang wkwkwk.

Edited 1 time(s). Last edit at 10/03/2015 07:36AM by dasziel.
Buat Bro - Bro terhormat,

Kalau para Bro lihat, dari informasi sale produk 3d filament yang kami jual dari pertama kali.

Jelas kami informasikan dari awal kami jualan di : [fjb.kaskus.co.id]
kami hanya menjelaskan asal usul 3D filament ini dari mana, yang memang fakta dari asal 3D filament tersebut, dan tidak ada upaya dari kami hendak mengaburkan fakta sedikit pun.

wkwkwk, kok pihak kami dibilang penipu lha dsb nya di Forum RepRap yang terhormat ini.
Jadi kami buktikan deh provokasi IP3D ini, demi untuk menjaga Nama Baik Perusahaan kami.

Padahal, tidak ada niatan kami untuk memulai permasalahan ini. Bisa Bro Bro, lihat dari perbedaan Tgl Posting IP3D dan Sale 3D Filament yang kami lakukan pada Forum RepRap Indonesia ini.
Bro- Bro pun, kami rasa juga akan kesal, bila dibilang penipu dll, yang mana Bro enggak lakukan sama sekali.
Kami dalam menjual berusaha menjual produk dengan Harga dan kualitas yang sebanding, kalau bisa yang terbaik dan berusaha memberikan informasi sejelasnya kepada para pembeli kami.

Buat Pihak Aneka pun, tidak keberatan dan sudah informasikan kepada Momod dari Forum ini untuk bisa membantu merubah Judul Thread Jualan kami ini.

Salam RepRap dari Aneka3D

Edited 1 time(s). Last edit at 10/03/2015 11:49AM by Aneka3D.
Re: Jual 3D Filament ABS/PLA/HIPS/PVA/FLX/PETG/CCU/CCT/WOOD/BRONZE/CLEANING +6285777088533
October 05, 2015 05:30AM
YTH All Reprapers Indo,

1. Terima kasih kepada Bro Agung berhasil kontak ke momod untuk menetralkan suasana.
2. Terima kasih kepada PT. Aneka mempunyai itikad baik untuk mau merubah tanpa menggunakan nama eSUN.
3. Sambil menunggu keputusan dari pihak eSUN - saya tidak akan ada komentar lebih jauh - karena pada dasarnya saya tidak mau mengganggu siapapun yang mau berdagang disini... Hanya saja saya harus menghargai etika dalam "Berdagang dan Berkomunitas"... Respect Owner dan Official Representative. Semoga bro Agus dan bro Egan juga mau mengerti dalam hal ini dan posisi IP3D sebagai yang diserahin BRAND NAME. Sama hal nya dengan REPRAP INDONESIA... I Respect this forum as Reprapers .... not as a SELLER...

Regards

Herman IP3D

Edited 1 time(s). Last edit at 10/05/2015 05:32AM by IP3D.
Seru juga nyimaknya....
To the point aja deh....
Barang dari IP3D sdh pernah ane coba...
Reviewnya: dari kemasan ok punya.
Tidak meragukan...yahud deh
Hasil printingnya pun mantaab.
Wlo setting minimize tapi hasil maximize.
Ga bisa kelain hati deh....

Tapi penasaran nih, sma brang nya ANEKA3D,
Boleh dong dikirim testernya...
Klo bisa tuk semua jenis barang...
Biar ane puas....
No contact ane ada di threat yg pernah ane buat ya...
Ditunggu kabar baiknya...

Salam,
Ig @kreativitas_tanpa_batas
Siap Bro Tbe kits , Hub : Egan di : 085 777 088 533

Syaratnya : Harus buat Testi sejujur-jujurnya di Forum RepRap Indonesia.
Setelah menerima 3D Filament made by Shenzhen Esun Industrial Co. Ltd dari Aneka3D dan dilakukan test,
Harus buat Testi / Laporan pada Forum Reprap Indonesia ini.
Wkwkwk, Maaf Bro sementara ini, Tester hanya diberikan Warna Natural - Bisa Pilih salah satu jenis : ABS / PLA
Ongkir di tanggung Tester, atau bisa diambil ke tempat kami. PT Aneka Indonesia

Salam Sukses 3D buat Bro Tbe kits

Edited 1 time(s). Last edit at 10/05/2015 08:39PM by Aneka3D.
Salam semua..numpang tanya gan,sekiranya ada yg tahu tidak ya,dimana ada jual uv resin buat sla 3d printer..mohon informasi gan kalo ada yang tahu.trims
Atas rasa penasaran, beberapa hari lalu saya ada kirim email ke eSun mengenai hal ini,
Ini jawaban langsung dari eSun ShenZhen:



Dan ternyata dari eSun langsung sendiri menyatakan keduany bisa saja memang eSun.
Saya dsini hanya mencoba menengahi karena ini bisa berbahaya bagi kedua pihak selaku pengusaha.
Barang kali, apa bila Aneka3D bisa memberikan dokument mungkin tidak ada salah kalau dia menggunakan eSun.
Dan jika memang ada dokumen sebaiknya dari pihak IP3D yang memang selaku sole distributor resmi bisa menerima kenyataan dan tidak menjelekkan nama mereka.
Tapi sekali lagi saya coba ingatkan, ini reprap merupakan forum belajar dan bukan forum buat dagang. Alangkah baiknya tidak mempermasalahkan masalah bisnis di forum ini.
Sip

Edited 1 time(s). Last edit at 10/11/2015 05:11AM by Aria.
Maaf, berdasarkan pengalaman saya. UV Resin yang dicari oleh Bro Tony, memang khusus untuk 3D Printing, baik itu cured / kering by Sinar UV atau gelombang sinar yg digenerated oleh DLP Projector Lamp maupun Laser Light, umumnya Resin UV 3D ini Single Component tidak ada pengunaan Catalyst/katalisator sama sekali untuk pengeringannya. Sedangkan Lycal, lebih dikenal sebagai Dome Resin Coating untuk Name Badge/ Sticker dll, dibagi 2 type. Yaitu Hard and Soft/Flexible, Lycal terdiri dari 2 komponen : A. Resin dan B. Catalyst. Setelah dicampur sesuai dengan perbandingannya. Memiliki Pot Life (umur tuang sekitar 0.5-1 Jam) dan akan full cured / keras set setelah 8 Jam.


Untuk Resin UV for 3D, sekarang masih mahal, termurah kalau saya lihat masih dari MakerJuice G+. Sekitar USD 35-130 di US.
dan banyak tipenya, Kalau Panjang Gelombang Lightnya enggak pas/cocok dengan resinnya, enggak bakalan set/cured

Kalau Aneka3D - import perkiraan - harga retailnya sekitar Rp.3.000.000,-/L untuk UV Resin untuk DLP model dari SprintRay China ( White/ Transparent Green/ Lost Wax Type)

Ada juga sih yang sekitar Rp. 2.000.000 an untuk DLP, cuma warnanya merah- ex China juga, tapi bukan produksi SprintRay.

Jadi sampai saat ini, belum berani masukin, karena belum ada unit mesin untuk test qualitynya. Dan untuk import Liquid, agak sedikit komplek prosedurnya. Dan ada Pot Lifenya (Kadaluarsanya)

Kalau Bro Tony, minat mau experiment, Aneka ada Resin UV for Screen Printing Warnanya Clear - Single Component. Bisa kami kirimkan 100 ml untuk Bro Tony coba. Kami enggak jelas apa bisa cured dengan DLP, yg pasti ditempat kami untuk Cure Resin UV untuk Screen Printing ini mengunakan Lampu UV 4 KW.

Salam Suksed RepRap 3D dari Aneka3D

Edited 2 time(s). Last edit at 10/11/2015 06:15AM by Aneka3D.
Bahan buat uv screen printing bisa yah? Bener juga sih kan uv cured... Boleh dicoba nih, bahan itu banyak saya (keperluan digital printing) nice info gan grinning smiley

Edited 2 time(s). Last edit at 10/11/2015 05:35AM by Aria.
UV Ink for Screen Printing dan UV Ink for Digital Printing sepertinya beda.
terutama pada kekentalannya/Viscositynya. Kalau UV Ink untuk Digital Printing agak encer, karena perlu untuk melalui inkjet printhead.
Waduh, bisa dipakai atau enggak untuk 3D DLP /SLA 3D Printing, enggak tau persis nih.
Kirain saya ada RepRap (Bro Tony) yang lagi experiment nih buat SLA 3D Printer.
Ada juga sih waste ink dari Cleaning UV Digital Printing (warnanya hitam - karena campuran macam-macam warna UV Digital Ink), seperti yang Bro Aria informasikan.
Kalau ada yang butuh untuk experiment bisa informasi sih ke Aneka3D, harus saya informasikan ke rekan saya, soalnya biasanya kami buang.
Waste Ink ini dari Mesin UV Digital Printing Mimaki - ex Japan typenya LH Series - Hard.
Mimaki 3042
Cuma maaf, kami enggak tau persis berapa panjang gelombang UV/Light dan waktu yang dipakai/dibutuhkan oleh Mesin UV Digital Print maupun by UV Drying Untuk Screen Printing punya.
Kalau Bro Aria punya banyak, silahkan dicoba dan ditunggu informasinya smiling smiley

Salam Aneka3D

Edited 5 time(s). Last edit at 10/11/2015 06:26AM by Aneka3D.
Kayanya sih beda, yg saya maksud lapisan untuk printable material mutoh uv finish, kalau mimaki mungkin eco-solvent? (Banyak sih jenis tintanya hehe) Nanti lah saya coba tanya ke temen di asaba

Edited 1 time(s). Last edit at 10/11/2015 06:19AM by Aria.
Waduh, klo ngomongin soal resin UV curing,
bener" soal panjang gelombang UV sih, harusnya di mesin ada specny.
Sperti benzil itu sensitif sama gelombang UV B, dan UV C.
Kmrin si Tony ada ku PM tapi tidak ada respon sad smiley

Buat inkjet saya kurang tau. Tapi ya seperti yang aneka bilang viscosity rendah.
Tapi boleh saja dicoba, paling nanti masalahny ke kekuatan akhir produk.

Kalau mau coba, dlu pernah liat ada yg kasih komposisi hasil riset dia:
Quote
For 100g of final resin mix (RM)
3g of Benzil
1g of Benzoilisobutylether (BIsoBE)
1g of MDEA
0.5g of EDTA or 0.1g of Hydrochinone
complete to 100g with Polyester resin.

Nah pembahasan begini yg menarik gan hehe, setelah info ke temen temen, gak cocok, bukan resin soalnya gan, tapi ada mix yg bagus dari mrsec :

[youtu.be]

Papernya tentang photo inisiated polymerization :

[pubs.acs.org]
Tentang laser :

[donklipstein.com]

Chimera :

[m.instructables.com]

Edited 1 time(s). Last edit at 10/11/2015 08:50AM by Aria.
Maaf ini Hydrochinone sama enggak ya sama Hydroquinone? Kalau sama, Wow, pakai Hydroquinone juga, hydroquinone itu susah banget belinya karena takut digunakan sebagai bahan pemutih kosmetik - berbahaya sudah di banned sama Pemerintah, karena harus ada izin khusus untuk belinya, di group kami, sih pernah beli untuk div anekapcb, untuk, menyetabilkan larutan electro plating timah, kl Bro Eraki perlu, bisa contact saya, khusus buat experiment Bro RepRap, nti saya mintain deh-volume kecil. Kl bahan yang Benzil Series sih enggak tau deh, mungkin ada Bro-Bro yg lebih pengalaman. Untuk Polyester Resin, boleh tau serinya apa ya, kalau untuk type yang umumnya dipakai pada pembuatan fibreglass / trophy / plakat resin, sepertinya banyak di Toko Kimia.
Salam Aneka3D

Edited 1 time(s). Last edit at 10/11/2015 08:56AM by Aneka3D.
Nah iya uv inkjet itu bukan resin, tapi setauku ada campuranny.
Yang journal Aria ada akunnya? Univ saya ga ada subscribe ACS.
Wow itu Chimera menarik, sepertiny partny masih bisa diakali.
Tapi sepertiny projector mesti mistsubishi XD221U itu ya?

Sepertiny sama, ini bener" ambil dari resep dia jadi ga cek ulang. Hehe..
Betul, banyak juga itu barang chemical yang susah di cari dsni.
kyk DMC (dimetyhl chloro), katanya bisa buat gantiin Acetone di PLA.
Tapi ga pernah dpt krna dia itu carsinogenik aktif apa lagi kalau nanti mau pakai di vapor.

Benzil dan keluargany sepertiny sulit dapatnya. Soalnya di Indonesia itu benar" sulit kalau mau ambil bahan kimia.
Banyakkan juga stockist lebih sedia ke keperluan lab yang sering di dapat. Kalau pre-order, mesti ke sigma-aldrich dan hargany bukan harga konvensional.
Polyester itu resin standart masih bisa dapat kok di toko kimia, tapi ya agak jarang.

Edited 1 time(s). Last edit at 10/11/2015 09:57AM by eraki.
Saya ada ko pdf paper aslinya (somewhere in my hard drive) original paper by Joseph Muskin, Matthew Ragusa, Kungway Chang, dan Ian McInerny.

Kemarin pernah listing untuk open project low cost sla 3D printer di repRap user group via facebook untuk di publish di wevolver.com,hackster.io,reprap.org, tapi minim peminat hehe...jadi bikin tim sendiri aja dari group g+, sekarang udah advance projectnya melibatkan matthew rogge (adaptasi basic dari Retr3D), karena belum publish jadi member masih tetap.

Untuk alternative chemical yg dipakai :
1,6-Hexanediol diacrylate
Sudan I / Cl solvent yellow
Phenylbis / trymetilbenzoyl / phospine oxide
Spektrum yg di pakai visible white wavelength antara 390-700nm
Buat yg paham monggo...

Untuk chimera projector sebenernya bisa pakai apa saja, yg diperlukan wavelength uv (400-100nm) untuk uv cured resin, dan spectrum ir (+400nm) untuk endotermic polimerization, spectrum cahaya putih diantaranya terdapat itu (mungkin perlu tuning frequensinya lagi antara 100thz-1000ghz), hardware yg di pakai mungkin yg bisa dia pakai atau yg siap pada saat itu aja.

Edited 4 time(s). Last edit at 10/11/2015 12:26PM by Aria.
wah boleh dong dibagi jurnalny bro aria.

Ho, siapa yg ajuin open projectny? Kurang perhatiin group reprap lain sih.

Campurinnya brp wt% ny persetiap campuran?
Pakai benzil family juga itu.

Kykny karna ngejar low cost ya makany pakai mistsubisi XD221, liat harganya sih 50$.
Liat toko lokal ga nemu nemu.. sad smiley
Sementara projector yg lagi nganggur, kosong nih...

Edited 1 time(s). Last edit at 10/12/2015 04:01AM by eraki.
Yth. Aneka 3D

Ane mohon maaf, karena baru bisa bikin threat lagi,
dan baru bisa ngasih testimony di sini.
Filament dari Aneka 3D sdh ane trima (Natural PLA 1.75) GRATIS..tuk tester, lupa tanggalnya, yang pasti udah lama bangetsmiling smiley



Walo pake 3d printing rakitan kelas basic...
Hasil printingnya memuaskan!
Ini hasilnya :



Semoga Aneka 3D mampu memberikan kontribusi yang positif untuk meramaikan
Dunia 3D printing di Indonesia, khususnya kalangan pemakai 3d printer yang berbasis Open Source.
Dimana 3D printing ini menggabungkan banyak aspek teknologi & memiliki banyak tantangan
dalam pengembangannya, termasuk dalam penyediaan komponen yang dibutuhkan.
Demikian,

Terima Kasih
Salam..
IG @Kreativitas_Tanpa_Batas




Maaf baru sempet review nih...

Setelah mencoba filament PLA 1.75mm dari Aneka, saya rasa tidak ada masalah, easy print...

Terima kasih telah memberikan tester untuk saya ya smiling smiley
Attachments:
open | download - IMG_20151115_225028.jpg (169.4 KB)
open | download - IMG_20151115_224821.jpg (188.8 KB)
Yth para Reprap,

Official Website Aneka3D : www.aneka3d.com
baru buka, kalau yang sempat, mohon kunjungi dan check.
Saran dan komentarnya ditunggu

Terima Kasih
Salam Reprap Indonesia

Edited 1 time(s). Last edit at 12/15/2015 05:45PM by Aneka3D.
Sorry, only registered users may post in this forum.

Click here to login