Welcome! Log In Create A New Profile

Advanced

review CTC 3D printer

Posted by Blueyee 
review CTC 3D printer
January 12, 2016 11:58AM
Setelah lama memilih 3d printer pertama saya akhirnya pilihan jatuh kepada ctc 3d printer, printer ini di forum luar negeri spt 3d hub mendapat review yg cukup bagus dan byk referensinya di youtube shg sy mantab beli printer ini. Sebelumnya saya ingin beli prusa i3, tp berhubung sy nol pengalaman jd saya mau mulai dr yg mudah dulu (anggapan saya krn ini clone makerbot harusnya lbh dan juga gak perlu pengalaman merakit)..
link penampakan ctc 3d printer
Berikut reviewnya:
Printer ini sy beli dg harga 750usd + shipping 160usd (blm trmsk pajak dan bea masuk), lama pengiriman 2 minggu. Harusnya bisa lebih cepat tapi karena kepotong libur tahun baru jadi kena delay.
Packaging cukup bagus dan kuat menahan siksaan selama pengiriman, dus cukup besar dan printer di kelilingi foam busa, walau dus luarnya lumayan bonyok tp dalemnya ga terpengaruh...
Yg dpt dari sana ada printer, kabel power, kabel usb, sd card 4gb, baut dan kunci hex utk masang extruder, mounting filament, filament PLA 500gr. Harusnya dpt selubung utk filament tp sepertinya lupa dimasukin..
Build quality cukup bagus, plat aluminium casingnya cukup tebal dan tidak ada baguan yg tajam, finishing powder coating jd gak gampang boncel catnya. Spt rdi review2 lainnya e extruder sy tinggi sebelah, entah knp ctc ini sepertinya setting printer ini hanya untuk pakai nozzel kanan saja, shg nozzel kiri dibuat lbh tinggi.
Setelah unboxing langsung sy cek bagian mightyboard ada bbrp konektor yg copot, tp gak masalah semua ukirannya beda2 jd gak gampang ketuker.
Kemudian saya colok kabel ower dan switch ON lalu voila powersupplynya meleduk! Dan circuit breaker sy went off..okay setelah ilang lemesnya iseng2 copot power supply ternyata pakai power supply biasa 24v 15A, kemudian saya coba lagi power on power supply tanpa connect power supply ke mighty board dan kemudian circuit breaker saya mati lagi...ok skrg udah yakin yg rusak power supplynya. Lamgsung email ke ctc utk komplain gak sampai 24 jam akhirnya dpt solusi dpt partial refund untuk gantiin power supply yg rusak..
Day 2, setelah akhirnya dpt power supply pengganti. saya pasang kembali ke printer dan voila printer nyala dengan welcome prompt khas makerbot. Tinggal ikutin scriptnya mulai dari bed leveling sampai load filament dan kemudian masukin sd card yg dpt dr printer iseng coba print box 2x2x1, printer tampaknya bekerja cukup baik. Hasilnya lumayan considering blm di setting apa2 lg..
Next PRnya mau coba pakai filamen lain, filamen yg dpt gratisan ini sptnya gak bagus filament kaku, gampang patah dan warnanya gak begitu solid, yah gratis sih so what do you expect...mudahan2an besok filament yg sy oeaan dari reprappertech mau diantar...nanti di share lg hasil printing dg filament yg lbh bagus..
Overall diluar insiden powersupply meleduk printer ini cukup bagus at least CTC cukup fair untuk mengganti kerugian dg ngirim refund buat saya. buat orang spt sy yg minim pengalaman, lumayan buat belajar fungsi dan cara kerja 3d printer..masih butuh seting dan tune up lg agar hasil lbh bagus lg.
Next project mau coba rakit sendiri prusa i3...

Edited 3 time(s). Last edit at 01/12/2016 12:10PM by Blueyee.
Re: review CTC 3D printer
January 12, 2016 07:43PM
nice review gan , kalo ada masalah pm ane aja , siap menampung smileys with beer
Re: review CTC 3D printer
January 12, 2016 09:48PM
"Kemudian saya colok kabel ower dan switch ON lalu voila powersupplynya meleduk! "
Kalo buat personal sih ok (paling misuh - misuh) - kalo yang beli perusahaan (meskipun kecil) bisa dibantai abis......

dan untungnya Bro Blueeye - ada di forum reprap - ngerti teknis dan elektronika - kalo ngga???

So please para anggota - educate user to newbie - mau murah resiko nya yang ini tadi - bener khan? Dan jangan sepenuhnya di bebankan ke Forum. akhirnya forum isinya hanya troubleshooting sesuatu yang gak bermanfaat bukan malah berkembang.

Herman IP3D
Re: review CTC 3D printer
January 12, 2016 11:29PM
Quote
IP3D
"Kemudian saya colok kabel ower dan switch ON lalu voila powersupplynya meleduk! "
Kalo buat personal sih ok (paling misuh - misuh) - kalo yang beli perusahaan (meskipun kecil) bisa dibantai abis......
>> betul pak klo perorangan kaya sy bayar pakai paypal mereka segan sdkt, klo gak mau ganti bisa di dispute di paypal ada malah bisa dpt full refund, hehehe

dan untungnya Bro Blueeye - ada di forum reprap - ngerti teknis dan elektronika - kalo ngga???
>> hehehe kebutulan pas kuliah ada bbrp semester mechanical engineering jd tau sdkt2 pak..masih harus byk belajar abis ini baru naik kelas nyoba printer DIY reprapers

So please para anggota - educate user to newbie - mau murah resiko nya yang ini tadi - bener khan? Dan jangan sepenuhnya di bebankan ke Forum. akhirnya forum isinya hanya troubleshooting sesuatu yang gak bermanfaat bukan malah berkembang.
>> yaah emg harga gak bohong, gak mungkin makerbot bikin 1900usd si ctc ini cuma kasi harga 750usd dan kita expect kualitas sama. Yah sy setuju agar user indonesia mudah2an lama2 bisa spt user di luar negeri dimana di forum lbh byk sharingnya...klo di indo forum bykan jualannya smiling smiley sharing is learning twice...
Herman IP3D
Re: review CTC 3D printer
January 13, 2016 01:13AM
Nice review bro blueyee, bisa buat edukasi ke user lainnya, banyak yg coba adu nasib dengan import sendiri karena minim informasi. Banyak pula yg gagal, karena tidak semua user kayak ente background mechanical engineering dan banyak waktu.
Masih banyak kendala yg akan ente hadapi , karena produk murah jarang ada yg sempurna, bgmn cara print yg bagus , banyak yang harus diakali dan tuning ulang, keluar biaya lagi, ga ada yg support bro (itu hak pabrik, tutorial tidak gratis, you get what you paid, meski manis diawal waktu promosi).

Kalo ente mau rakit sendiri prusa i3 ane siap support dan tutorial kalo bahan ambil dari ane, karena background ente mechanical engineering ane yakin bisa.

Beda halnya dengan user yang beli langsung jadi siap pakai, hasil printing sudah langsung bagus, bisa langsung eksekusi proyek. Hemat banyak waktu dan biaya.
Contoh printer prusa i3 rakitan ane ane jual bisa begini


Wood
Bodi part printer Rubber flex

Masih ada yang bilang mahal? Sampe harus import sendiri harap harap bisa lebih bagus hasilnya sesuai janji seller. Sampe kapan bro?

Makanya ane menawarkan solusi , supaya tidak dikepoin seller luar negeri atau lokal yang hanya maunya jualan konsep, tapi purna jual supportnya minta bantuan gratisan forum reprap indonesia. Emang paling enak jualannya doang, terus purna jual bisa lempar ke forum reprap indonesia, gratis lagi. Sudah capek handle bangkai bangkai printer 3d import di jakarta banyak banget.

Edited 3 time(s). Last edit at 01/13/2016 03:53AM by dasziel.


"if you don't know how to build better you buy good printer first and try to learn from there" -- By Herman IP3D
REPRAP Prusa i3 Dasziel Rework ready to print 8.5jt, hasil print super smooth.
Support filament flexible rubber, wood 10jt
Profesional jasa printing or costumize 15jt<
[forums.reprap.org]
Printer 3d build up : Rapide lite 200 , 26jt.
Jasa rakit, servis, tuning, programming, untuk semua jenis printer 3d.
Khusus yang mau belajar rakit printer 3d tersedia part set lengkap dan tutorial (call for price).
Jual part printer 3d , printed kit, dll.
Menyediakan filament berkualitas untuk hasil print yang baik sebaiknya konsultasi dulu, harga >250rb/kg tergantung jenis.
Contact dan Whatsapp 082111703999
Office : cengkareng indah blok ic/1a, jakarta barat
Re: review CTC 3D printer
January 13, 2016 10:32AM
Manteb bro hasil printer racikannya, si ctc ini sih masih jauh dari itu hasilnya...skrg msh coba2 memahami dulu baik dr teknik printingnya maupun sisi software, slicer, dll...mudah2an ada rezeki lagi bisa utk next project bikin printer kaya om dasziel.

Edited 1 time(s). Last edit at 01/13/2016 10:34AM by Blueyee.
Re: review CTC 3D printer
January 15, 2016 09:15PM
CTC menggunakan board Replicator - dengan extension .X3G (bukan g-code) untuk mesin nya.
Slicing pasti bawaan nya adalah Rep-G - sebaiknya mendownload Makerware 2.4.x (yang lama). Hindari Makerbot Desktop - trus set ke Replicator Dual.
Miracle Grue engine adalah Slicing Engine yang berbasis dari Skeinforge - yang mana sangat bagus untuk Printing ABS dan lemah untuk Printing PLA (sayangnya most people Print in PLA).

Mesin CTC sama dengan mesin Replika Makerbot Replicator Lainnya - jadi tingal ketangguhan electronic dan stabilitas mesin. Berhubung mesin CTC yang dibeli sudah metal frame - so fine2 aja. Tinggal electronicnya - seingat saya problem nanti ada di REGULATOR 30V nya (karena board memakai 24V). Kemudian beberapa komponen yang sering rusak seperti Fan (4x4x1 - 24Volt), Thermocoulpe dan motor Cable. So dispare aja yang banyak untuk komponen yang sering jebol tersebut karena di lokal hampir ngga ada yang jual - (kecuali saya hahahaha).

Karena CTC mengejar murah - saya ngga tau PSU nya memaakai apaan - saya sarankan memakai PSU yang BAGUS (ingat - boardnya sensitive) - Nah kalo yang berkualitas pake MeanWell (tau sendiri dah) yang harganya diluar negeri aja udah diatas USD40. Dan ingat Jangan pakai PSU sembarangan - Fatal akibatnya - mereka memakai 350 karena untuk model replicator daya yang dibutuhkan 185-200Watt total.

My MeanWell STOCK


Herman IP3D
Re: review CTC 3D printer
January 17, 2016 07:04AM
Iya om herman, psu aslinya abal3 gak jelas mereknya...akhirnya sy lgs ganti pakai meanwell 24v 18.5A..abis itu sy claim penggantian 100usd ke ctc..hehehe
Sorry, only registered users may post in this forum.

Click here to login