Welcome! Log In Create A New Profile

Advanced

(Tanya) Filament Macet dan Motor Bowden Extruder Berbunyi

Posted by Argus 
(Tanya) Filament Macet dan Motor Bowden Extruder Berbunyi
April 25, 2018 11:35PM
Saya menggunakan printer prusa i3 sunhonkey.
Jadi ketika print sedang berlangsung tiba-tiba Keluar bunyi pada Bowden Extruder saya sehingga Filament tidak mau keluar pada nozzle.
kira-kira ada solusi gak gan? soalnya sudah setengah jalan printnya pasti macet. Apakah masalah kecepatan pada Feedrate?

Soalnya kalau di tinggal print pasti Filament gak keluar.
saya kalau sudah seperti itu biasanya lngsung membuka extruder pada hot end kemudian sy bersihkan. setelah itu saya pnaskan hotend pada suhu 210 derajat. kemudian menekan filament secara manual.
filament kluar jaya.
proses print di mulai lagi.
nah, nnti di tengah prjlnan pasti macet lagi alias motor untuk dorong filament berbunyi biasanya menyebabkan filament dalam extruder terbelit.
mohon pencerahannya gan untuk masalah ini.

Setting Saat print

Speed : 50
Nozzle : 210
Bed : 70
Fan : 100
Flow : 100
Re: (Tanya) Filament Macet dan Motor Bowden Extruder Berbunyi
April 27, 2018 12:38AM
Ini kejadiannya sama seperti yang pernah saya alami dulu, untuk extruder apakah sudah dilakukan calibration? Untuk skrup yg dipegas coba agak di kendorkan sedikit jangan terlalu kencang dan terlalu longggar, filament yg digunakan apa? PLA kah? Bisa jadi nozzle kurang panas, coba di set di 220, ukuran lubang nozzle yg digunakan berapa? Apakah 0.4? Kalau iya coba dilakukan perhitungan ini (speed x layer height x ukuran nozzle x 100 / 10) dari hasil perhitungan di masukan ke feedrate, cmiiw,

Edited 1 time(s). Last edit at 04/27/2018 12:42AM by Adahra.
Sorry, only registered users may post in this forum.

Click here to login