Show all posts by user
jangankan sumpit, sedotan murni tanpa apa2 dalemnya juga pernah bro wkwkwkwk.
Nostalgia ke post lama...
http://forums.reprap.org/read.php?52,504282
Hahahahahhaha.....
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Saya dulu pernah bocor gara2 drat kendor, tak kasi itu tetep bocor.
Ada juga hotbox yg samping dari nozzle dan troat ada sekrupnya, itu juga suka bocor.
Tapi tak sumpat pake grenjeng malah sip dibanding tape teflon (selotif putih yg buat pipa itu kan).
Mungkin kasusnya beda.
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Kalo ptfe tape itu ga bisa gan, paling masuk akal, itu kasi grenjeng/aluminium paper, itu bisa kencang dan ga bocor.
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
layer ke skip bisa karena:
1. motor ga kuat, karena gesekan bushing dg as, coba diminyaki, saya pake minyak mesin jahit buat bushing
2. Ada blob yg akhirnya bikin head nabrak -> biasanya over extrusion, atau retract bermasalah, coba print tanpa retract
3. seperti point nomor 1, tapi dg cara ubah arus ke motor, besarkan kalo perlu kasi kipas di daerah motor tsb.
Hasil dri karya3d enlarge
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Kebetulan ada yg minta sedikit lebih besar, saya coba, lengannya pake lengan sepanjang kossel.
Akibatnya memang tinggi cetak berkurang 3cman.
Nanti file 3dnya saya upload. Ada perubahan part pada carriage supaya bisa menakai lengan yg sama dg kossel, karya3d awal2, yg ujungnya bola semua.
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Cek http://resin.tokoled.net/down gan, saya sudah upload beberapa file2 penting seperti driver ch341, repetier, dll
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
hasil print ga ada bedanya.
Bedanya sebelum ngeprint harus memastikan semua lengannya berada diatas. Kalo ga diposisi atas, maka harus manual di tarik keatas. Biasanya perlu dilakukan 1x saja setelah connect ke printer.
Atau dilakukan saat tiba2 listrik mati, dan posisi lengan masih ditengah (misal lagi ngeprint tergenti)
Kalo endstop ga perlu ngecek, endstopnya yg ngecek.
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Maaf, secara default karya3D ga pake endstop. Kalo pake endstop, ga bisa pake firmware karya3D harus meracik firmware default kaya bro rollingdice. Saya sendiri blom punya stok endstop, besok coba tak cari di toko elektronik, kurasa pasti ada.
Untuk motor driver disarankan memakai arus paling rendah, cara settingnya bisa google, atau kalo secara default, putar aja potensio di driver sebanyak 1/4
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Quoterollingdice
Mantap gan, coba dipilihin benangnya dari apa. Lumayan bisa menghemat timing belt.
Setor kerjaan hari ini dulu:
Custom two in one blower, pake kipas sentrifugal bekas laptop uk. 5cm. Kalo tdk ada bisa pakai kipas 5cm biasa, buang bingkainya trus masukin. Besok mau tes efeknya ke ngeprint overhang + hollow pyramid.
Mantap pak ide blowernya.
Untuk benangnya itu saya beli di tok
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
kalo itu saya ga tau pak.,
Selisih 0.2 kalo menurut saya wajar saja...
selisih 0.2 sudah bagus. pas modelling di kasi aja tambahan 0.2.
Atau di slicer ada juga kompensaai xy, tambahkan saja +0.2
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Pasang / solder kabel panjang ke endstop bagian normally closed.
Pasang pin 2 ke masing2 ujung kabel endstop .
Saya juga merevisi dudukan kmaren menjadi pake akrilik.yg dilem plastik tembak.
Dudukan kaca juga direvisi, karena butuh space didalam untuk kabel2 yg versi kmarin kena kabel2. Besok paling saya cari paper clip yg besar, biar bisa ngeklip kaca ke profil aluminiumnya.
Sekarang s
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Pake tali pancing. Tp susah buat pulinya. Kelebihannya dia bisa belok2 kemana aja. Tp saya punya solusi gini
Jadi separo belt, separo benang, tujuannya biar ngatur kencangnya belt gampang. Tp entah berapa kuat benangnya. Harus ditest dulu.
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Hmm, iya harus liat spek voltasenya juga tu gan, kalo 5V dikasi 12V bakalan panas sekali ntar. Kalo spek 12V dikasi 5V ya tenaganya kurang jauh.
Itu pake driver apa ngetestnya gan.
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Infill ga nempel diakali pake setting infill overlap dinaikkan., tp slicer juga ngaruh, pling bagus simplify3d.
Untuk kaca saya sedia bed akrilik merah, nempel sekali dan rata. Siap2 sosrok ama cutter buat melepas.
Lebih bagus nempelnya, cuma lebih susah melepasnya juga.
Contoh:ngeprint ABS suhu 235, pake raft biar lebih mudah melepas, printernya ditutup kardus separo bawah. Tanpa heat
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Super smooth bulu ayamnya. Angkat tangan dah, tuningannya maut maut.
Bikin channel yutub memang bagus tu. Pake bahasa indonesia. Harus punya skill fotografi dan akting yg baik juga biar videonya enak ditonton.
Isinya kira2 mbahas apa asiknya
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Kalo mekanik printernya, makin tidak goyang/ oblak makin bagus (tapi jangan seret).
paling belajar slicernya aja. Nah kalo ini emang pertama pake setting default, trus coba2 diganti hasilnya gimana, lama2 ngerti kok setting bagus buat objek A blom tentu bagus dari objek B dst.
Dasarnya si cek disini:
http://reprap.org/wiki/Print_Troubleshooting_Pictorial_Guide
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Pemasangan kabel dan dudukan buat arduino.
Kali ini saya pake teknik repstrap, pake apa aja yg ada intinya bikin dudukan arduino+ramps, supaya mudah diakses untuk colok USB dan powernya.
Kemudian saya pasang kabel 4 pin ke semua motor. Khusus motor XYZ, kabelnya pendek aja, biar rapi.
Dari kabel 4 pin, yg perlu dituker adalah kabel biru dan hitam saat disambung ke kabel motor.
Sesudah terpa
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Lanjut, sekarang kita pasang belt puley, tempat belt berputar arah diatas.
Kemudian saya siapkan belt, kebetulan, saya memakai belt yg dibagi2, iseng aja, hemat.
Pasang belt seperti ini.
Untuk alat pemotong belt bisa download di folder mk2b namanya beltcutmxl.stl , barusan saya upload.
hasil sesudah dipasang semua beltnya.
Untuk lengannya cara bikinnya ya simpel aja pake lem, intinya u
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Memasang semua magnet memakai ALTECO, kemudian sekrupkan ke masing2 carriage.
Memasang part extruder seperti ini
Untuk dudukan motor extruder, kali ini saya letakkan diatas, profil aluminium dibor 3.5mm dan dibikin drat m4
MENYIAPKAN EFFECTOR HOT END DLL
Bahan:
1 fan coolermaster heatsink
1 nozzle hot box dan throat sudah dipasang.
1 teflon tube 1m
1 pushfit 5mm
M4 mur
Pasang M4 mur ke
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Menyiapkan BED
Pembuatan dudukan BED ini dari dulu bikin saya pusing. Namun cara ini (mungkin bukan cara terakhir, bebas si) adalah cara termudah dalam hal pembuatan dan metode pasang dan lepas bednya.
Untuk Printer DELTA, saya selalu membuat bed tidak bisa diatur dan duduk dengan solid. Kali ini dia duduk solid diatas kotak gabus.
- Ukur tempat gabus harus dipotong, harus bener2 fit dengan pos
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Seperti biasa, printer reprap memang sangat bebas dalam hal interpretasi bagaimana merakitnya. Kebetulan saya lebih suka sekrup + dibanding hex/L stainless, karena lebih mudah proses rakitnya.
Part2 yang dibutuhkan, (tersedia di tokopedia).
Part kossel K800
Roda nylon 9
2020 Alum 1
Carbon tube Kossel 1
Magnet 12
Ball joint 12
KosselPart 1
Bed kaca 1
Nozle 1
hotbox 1
throat 1
ptfe tube 1
colerm
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Kertasnya kan ga dikletek abis dipasang.
Untuk effector itu cara paling bagus. namun untuk carriage, emmang ribet. makanya saya sebut repstrap, tapi, model part baru, effectornya ga perlu pake cara tsb. karena dijamin pas. ya geser2 karena bor di kayunya paling 1 mili kurang.
Efek dari tidak presisinya lokasi joint (magnet ataupun lainnya) adalah posisinya tidak pas, jadi geometri hasil cetak t
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Lengennya diganti jangan magnet. Tipe2 dijepit plastik kaya gini, cuma memang lebih rumit untuk diterapkan di effector.
Jenis extruder terbang cocoknya motor kecil trus pake gear.
Ntar saya datangin motor stepper yg gear2 besi dan kecil. Malah langsung bisa di base effectornya. Buat ngatasi kelemahan bowden.
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Mantap, salam kenal gan...nubie juga perakit kossel cuma ya masih dibawah agan trik2nya.
Solusi saya kossel ini akhirnya saya bor dan tp m4 agar tiangnya ga geser dari plastik.
Untuk roda nylon benar sekali saya ga duga dulu dapetnya profile 2020 dg cekungan tengah 5mm, begitu order per part dapatnya yg 2020 dg cekungan tengah lebih lebar, jadi harus pesan lagi nylon dengan tebal 7mm, lg
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group
Maksudnya ball joint yg sudah ada sekrup dan bola hijaunya itu ya ?
Kalo part karya3D ini sih komplit seperti gambar 50rb, cek di Karya Resin 3D Tokopedia
Kalo file partnya bisa didownload di sini Part 3D yg baru, namany ArmPart.stl.
Untuk manik2 beli plastik yg 10mm, lubangnya diproses memakai tap M3.
Kalo mo beli itu aja per biji (sekrup+bola sudah ditap+armpart) saja boleh lah , sms/whats
by
ryannining
-
Indonesia RepRap User Group