Welcome! Log In Create A New Profile

Advanced

Meminta petunjuk pembuatan printer 3D

Posted by kukuh sugiarto 
Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
May 23, 2015 05:15PM
Halo Semuanya,
Sebelumnya, perkenalkan saya Kukuh dari Tangerang.
saya mahasiswa Teknik Elektro yang semester depan ingin Tugas akhir dan masih kebingungan untuk judul yang ingin diajukan
dan Alhamdulilah saya menemukan forum reprap tanpa sengaja ketika searching , dan melihatsharing pembuatan printer 3D , dan saya sangat antusias untuk mengajukan judul ini untuk TA

Sebenarnya saya mengenal 3D Printer sudah dari tahun lalu , tapi entah kenapa saya berpikir masih mustahil untuk membuat nya sendiri karna masih di produksi oleh pabrik pabrik besar misalkan ada waktu itu saya cari hanya ada di luar negeri , saya masih benar benar awam untuk pembuatan printer 3D bisa dbilang diotak saya hanya ada kemauan yang kuat tanpa ada nya kemahiran yg saat ini saya punya , saya ingin meminta bantuan kpd bro bro yang sudah berhasil membuat printer 3D untuk menjelaskan secara detail , jika ada yg berdomisili di wilayah jabodetabek saya ingin konsultasi langsung malah hehe sambil ngupi2 bro dan sharing hehehe ,
Hal yang saya ingin tanyakan adalah
1. bagaimana langkah awal pembuatan printer 3D
2. saya harus menguasai apa saja
3. komponen elektronika nya apa saja yg di perlukan
4. komponen mekanik nya apa saja yg di perlukan
5. untuk sensor pakai sensor apa saja
6. harus menguasai software apa saja
7 perkiraan biaya nya

mungkin segitu dulu pertanyaan nya sebenarnya masih banyak lagi pertanyaan yang ingin diajukan tapi namanya awam jangankan nanya , yang ingin dilontarkan ke pertanyaan aja bingung hehe

terima kasih mohon tanggapan nya
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
May 24, 2015 11:45AM
YTH Bro Kukuh,


1. Untuk Tugas akhir lebih baik dari ide FRESH. Bukan hanya Copy Paste dari Teknologi REPRAP.
2. Saya sempat menghujat beberapa "Karya REPRAP" yang di claim sebagai Hasil Ciptaan nya dan gembar gembor di MEDIA.
3. Teknologi masih banyak yang harus di explore... So kenapa cuma Copy Paste? Banyak kok yang harus diexplore. Apakah Bro Kukuh berencana membuat mekanisme XY Axis baru? Ataupun Sensor pendeteksi jenis Filament? Atau bahkan teknologi yang lainnya.
4. Seluruh Pertanyaan dari Bro KUKUH "100% SUDAH ADA" di FORUM. Dan bukan kapasitasnya menanyakan lagi HAL tersebut Tanpa MEMBACA dan BELAJAR untuk Keperluan MEMBUAT TUGAS AKHIR.

Maaf sebelumnya apabila Bro Kukuh jadi tersinggung. Tetapi inilah FORUM REPRAP... Saling membantu bukan berarti untuk tujuan yang tidak pada tempatnya (ETIKA). Ada memasukkan untuk materi TUGAS AKHIR dan menclaim sebagai KARYA Skripsi Anda - JADI HARAP Skripsi Harus ditulis (apabila memaksakan menggunakan Topik ini) - HASIL PENEMUAN dari BLA BLA BLA (Prusa - Joseph Prusa, Mendel, Wade, Makerbot - untuk Thing-OMatic, dll) jika anda menggunakan Desain mereka.

Herman IP3D
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
May 24, 2015 08:52PM
Kalo merakit ya bisa, beli kitnya. Tapi kalo membuat maksudnya desain sendiri, ya itu harus belajar CAD 3D dan sudah punya printernya buat cetak desain . Setidaknya ada sebagian dari karya bro kukuh yang bisa dibilang desain sendiri (part plastiknya).
Ato pake bahan2 yg blom pernah dipakai di desain printer yg ada. Jadi harus punya printer 3D dulu (beli jadi/kit) baru bisa membuat desain2 baru.

Kalo dari segi elektronika,software dan desain sistem mekanik saya rasa berat kalo mulai dari 0. Teknik elektro memang mungkin diajarkan Pemrograman, tapi untuk urusan gerakan lengan dll, rasanya masuknya ke Fisika.

Elektro ga diajarkan CAD 3D , karena saya juga teknik elektro gan. Belajar CAD otodidak.
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
May 24, 2015 10:13PM
Sepertinya belum ada printer yang memakai teknologi 3DOF.

Ini challange yang cukup menantang. Yang jelas printer model seperti ini kalah speed & kualitas dibandingkan printer cartesian/delta. Tapi setidaknya ini mekanisme XYZ Axis baru untuk dunia 3d printing. Teknologi 3DOF arm robot sudah ada. Teknologi 3d printing sudah ada. TInggal dicombine. Setidaknya harus punya 3d printer yang sudah jadi untuk bisa bereksperimen membuat printer ini. Mutlak harus menguasai mikrokontroller untuk mencustom firmware nya. Firmware 3d printer seperti marlin/teacup dll dicombine dengan firmware 3DOF atau membuat from scratch semuanya. Lupakan dulu akselerasi, jerk, itu untuk optimasi kalau sudah jadi. 3d printer cuma pake sensor panas. bisa pake sembarang sensor panas yang penting range sensornya sesuai dengan yang dibutuhkan. tidak perlu sensor akurasi yang tinggi. 1-2 derajat uda cukup.
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
May 24, 2015 10:40PM
Ngga usah susah-susah - saya butuh yang bisa buat untuk Finishing Heated Chamber...
1. Pake Heated Bed 20 x 20 cm - posisi 5 sisi bawah - Atas
2. Yang pasti kontrolernya arduino dan lcs display
3. Rotated bed

Itu aja dah.... buat smoothing ABS / PLA Print

Simple - Doable - Useful for 3D Printing Community

Herman IPD

Edited 1 time(s). Last edit at 05/24/2015 10:43PM by IP3D.
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
May 25, 2015 05:41AM
salam reprap, tetap semangat, saya juga dari tangerang, yg terpenting sabar dan telaten, saya pertama membangun reprap tanpa punya peinternya terlebih dulu. tanpa pengetahuan programing dan lain lian, hanya mengandalkan membaca hasil posting dari para sesepuh disini, dan semua informasi yang masbro butuhkan ada disini, memang akan sangat membantu jika masbro sudah punya peinternya terlebih dulu,
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
August 20, 2015 12:35AM
Mantap... dukung dan Mari kita kreasi bersama tanpa saling ada silang....
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
August 21, 2015 03:04AM
Kreasi - SETUJU BANGET
Pengembangan dari yang SUDAH ADA - SUPER SETUJU
PLAGIAT untuk Kepentingan dan Ketenaran PRIBADI - silahkan masuk TRASH BIN dahhhhhh

Kebetulan saya kenal dengan beberapa KEPALA di beberapa INSTITUSI PENDIDIKAN.... Kalo mahasiswa jaman sekarang MOSTLY COPY PASTE dari Google dan REPRAP juga termasuk menjadi salah satu TARGET UTAMA... Dan secara REALITA - HAMPIR 90% seperti itu... Sedangkan Kadang DOSEN NYA SENDIRI - KEPALA BATU tidak mengikuti perkembangan.

Contoh: ada Kepala dosen yang "ngeyel" kalo Printer 3D "TIDAK PERNAH BERHUBUNGAN" dengan unsur "METALURGI" - lha emangnya selama ini printer 3D pakai Polymer apa secara gak langsung mau gak mau belajar polimer properties. ITULAH HABIT orang yang "SUSAH MAJU". Mereka merasa Professional dan menganggap diri "TINGGI" dan mengajari siswa dengan ke "DIKTATOR'an nya. Akhir nya pemikiran menjadi sempit dan "COPY PASTE" sesuai dengan Project IMPIAN DOSEN nya.

Saya mau saran - di SEMUA Jenjang Pendidikan diajari ilmu LEGALITAS biar dari kecil sadar dengan hasil kreasi milik sendiri atau orang lain.

Kalo dunia 3D dan technics - PEMULA HARAP BACA dan cari LOGO INI ---[creativecommons.org]

JANGAN ASAL JIPLAK dan men CLAIM - "AKU BISA MENCIPTAKAN 3D PRINTER" - trus saya mesti Bilang "WOW" gitu. BILANG AJA AKU BARU MERAKIT 3D PRINTER.

MAAF kalo urusan ini menclaim "MENCIPTAKAN" bukan SILANG LAGI ---- MEMALUKAN BANGSA dan tidak beretika.


Herman IP3D
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
August 23, 2015 10:33AM
Mantap, tegas Mr.Herman,

Kalo boleh saya menambahkan :

Untuk 3D printer sudah umum menggunakan 3dof, delta, cartesian, dll (saya pernah ketemu seniman yang bikin sculpture pakai robotic arm dulu waktu art bienalle)

Studi sebenarnya yang belum terlalu di "ulik" adalah aspek material (misal digital abs dari stratasys), dan umumnya semua material polimer bisa dipakai untuk FFF 3D printer (MIT bahkan membuat bahan kaca untuk ekstrusi), autodesk mengembangkan material untuk printer mereka voxel8, kenapa enggak mengikuti jejak sebelumnya, kembangkan materialnya, lalu bikin teknologi untuk support penggunaan material itu sendiri.

Sebagai çatatan, di bppt (balai meppo) saya pernah melihat ada mesin laser sinthering untuk 3D print metal, dan menurut karyawan disana mesin itu sudah tidak beroprasi selama bertahun tahun...(wah...sayang bukan open source hehehe), di jerman saya pernah lihat sekitar tahun 2003 ada stereo litho (3D printer resin...atau sekarang lebih dikenal dengan sls/sla), jadi teknologi 3D printer bukan hal baru sebenarnya, rep rap open source 3D printer saja yg agak baru, dan implementasi micro controller sederhana adalah sesuatu yang baru (kontrol jaman dahulu kira kira sepadan dengan mcu arduino uno disusun 3kali...kurang lebih), dan implementasi antara host software sebagai penerjemah G-Code dengan kontrol mcu sederhana.

Apakah bisa membuat 3D printer dengan micro controller yang lain? Jawabnya bisa, arm cortex malah lebih canggih daripada mcu atmega2560/1280 yang umum dipakai sebagai mcu rep rap, software uploader nya juga macem macem, bisa di download (open source) di github, atau langsung dari pembuat mcu nya.

Intinya yang harus dilakukan untuk membuat 3D printer sendiri harus paham tiap baris arti G-Code(bahasa umum gerak mesin, panduan G-Code banyak di internet, salah satunya NTGSC), next harus punya kemampuan, minimal pemograman OOPL (object oriented programming language), bahasa ini adalah basic untuk penguasaan C,Phyton,java,dll..., sudah tentu mas Kukuh pasti menguasai elektronik (dan bagaimana cara kerja ssr...hehehe), nilai plus apabila bisa pemrograman binary (hex) karena bisa membuat program kompleks dengab memori mcu yg terbatas (embedded programming), tentunya semua ini bisa dilakukan tanpa copy-paste dari teknologi rep rap yang ada (semisal saya membuat arduino uno (ultimately really barebone atmega328), dengan firmware buatan sendiri(xrap), tapi dengan tidak meniru firmware teacup, dan firmware teacup hanya sebatas referensi implementasi code dari programming language atmel mcu, dan referensi sequence transfer data dari dan ke sensor), serta menggunakan hardware buatan sendiri untuk dual h-bridge, yang langsung diperintah dari atmega328 chip melalui twi...dst..dst...
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
August 23, 2015 10:21PM
Hahaha,

Kembali lagi ke pengarah nya...

Saya dulu ada pegalaman - pernah bikin program sedehana - pakai basic.... buat tugas...
Punya saya di copy sama temen - dijiplak plek (ya tapi punya saya lebih keren)
Seharusnya dapat B+ malah dikasih C- padahal saya udah cerita detail kronologisnya dan ada saksi waktu di curi. Tetep aja nilai dibagi 2 sama yang curi. Gile gak!!!

MENTAL begini di INDONESIA yang harus di benerin.... BAIK PENGAJAR (PRIORITAS) maupun SISWA (will follow) nya.
Ngga malah memberi dukungan malah menjatuhkan....

RESPECT The CREATOR..... Then everyone will RESPECT to YOU.

Makanya saya keras sekali dengan para PLAGIAT - mau enaknya aja.

MAU CONTOH mengenai RESPECT di KOMUNITAS?
Check THIS:
[www.thingiverse.com]

Saya merubah sesuatu di DESAIN - KOMBINASI - dan saya statement bahwa hasil modifikasi kreasi saya tidak lepas dari desainer sebelumnya. You will get respect from everyone in COMMUNITY.

Sumbang lah sesuatu meski itu hanya perubahan. Dan jangan BUNGKAM tetapi cuma "MENJIPLAK".

Herman IP3D

Edited 2 time(s). Last edit at 08/23/2015 10:28PM by IP3D.
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
August 23, 2015 11:04PM
Setuju , harapan ane reprap indonesia akan lebih berkualitas, kompeten, dan karya karyanya diakui dunia.
Ane ada rencana merakit printer yg dimensi printnya lebih besar 50x50x50cm , material 3mm, nozzle modif dia 0.6mm.
Mohon masukan dan petunjuk para master

Edited 2 time(s). Last edit at 08/23/2015 11:27PM by dasziel.
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
August 24, 2015 01:51AM
Boleh buka thread baru nanti saya dukung masalah teknis Pak David, soalnya itu bukan perubahan hanya dari mekanik, electrical juga musti berubah termasuk firmware, kalau mau lihat hasil sumbangsih saya ada di hackster.io, github,atau di arduino.cc tapi firmware X-Rap belum saya share (masih experimental)
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
August 24, 2015 02:06AM
Siap bro aria, thx supportnya. ntar pas mulai projectnya ane buka thread baru
fir
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
August 24, 2015 10:10AM
Quote
dasziel
Setuju , harapan ane reprap indonesia akan lebih berkualitas, kompeten, dan karya karyanya diakui dunia.
Ane ada rencana merakit printer yg dimensi printnya lebih besar 50x50x50cm , material 3mm, nozzle modif dia 0.6mm.
Mohon masukan dan petunjuk para master


thumbs up ane dul sundul gan.. hot smiley <-- critanya nyundul nih... cool smiley
Re: Meminta petunjuk pembuatan printer 3D
August 26, 2015 06:48AM
Bisa baca instructablesnya :

[www.instructables.com]
Sorry, only registered users may post in this forum.

Click here to login